Kinerja Pemkot Jalan di Tempat

Ketua Fraksi Hanura Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Bandung Gagan Hermawan, SE menilai, memasuki usianya yang ke-205 tahun, terutama dalam setahun terakhir, pembangunan kota Bandung masih berjalan di tempat.

Gagan Hermawan, SE Ketua Fraksi Hanura DPRD Kota Bandung
Gagan Hermawan, SE
Ketua Fraksi Hanura DPRD Kota Bandung

Hal itu dapat dilihat melalui serapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) di tahun berjalan. ’’Rata-rata penyerapan anggaran Pemkot Bandung, dibawah 30 persen,” tukas dia.

Artinya, target Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, dalam mewujudkan Bandung Juara, masih angan-angan. Dengan memperingati hari jadi Kota Bandung, diharapkan ada perubahan signifikan dalam tata kelola. ’’Itu untuk kepentingan masyarakat Bandung secara keseluruhan,” ujarnya.

Melihat keberhasilan penyelenggaraan Konferensi Asia-Afrika, semestinya terobosan tersebut jadi acuan untuk Bandung lebih baik. Sebab, peristiwa miris yang menerpa Stadion Gelora Bandung Lautan Api memungkinkan kegagalan Bandung menjadi tuan rumah tempat pembukaan dan penutupan PON ke-XIX. ’’Ini sangat memprihatinkan. PON itu tidak datang tiap tahun,” terang Gagan.

Masih hangat dalam ingatan, karut marut PPDB menyita perhatian. Perbaikan sistem dan SDM penyelenggara mendesak dilakukan. Pasalnya, dewan menginginkan lebih banyak lagi masyarakat mencicipi pendidikan seperti sesuai amanat undang-undang. ’’Pemenuhan hak dasar pendidikan merupakan tanggungjawab pemerintah. Sehingga, memfasilitasinya menjadi kewajiban,” tandas Gagan.

Menyoal ketersedian infrastruktur dan layanan kesehatan yang banyak dikeluhkan masyarakat. Gagan berharap, Fokus perhatian Pemkot Bandung ditujukan pada perbaikan drainase dan rehabilitasi korban nafsa dan HIV/AIDS. ”Tidak perlu sungkan meniru langkah Pemerintah Provinsi Jawa Barat, selama bermanfaat untuk masyarakat,” ucap Gagan seraya menambahkan, kerukunan umat beragama yang sudah terpelihara agar tetap dijaga.

’’Toleransi antar umat beragama sudah terbangun dengan baik. Itu harus dipertahankan,” imbuhnya. (edy)

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan