oleh

Paket Ekonomi Jilid Dua Molor

JAKARTA – Masyarakat dan pelaku usaha harus lebih bersabar lagi. Pasalnya, proses deregulasi dan debirokratisasi yang dijanjikan pemerintah dalam paket kebijakan ekonomi jilid 1 ternyata tidak semudah yang dipidatokan.

Paket kebijakan ekonomi jilid dua
ISTIMEWA

MENUNGGU KEBIJAKAN: Para pekerja pabrik elektronik tengah fokus merakit produknya. Paket kebijakan ekonomi jilid dua yang dijanjikan presiden hingga jinni belum jelah arahnya.

Ketua Tim Ahli Wakil Presiden Sofjan Wanandi mengatakan, setelah paket kebijakan jilid 1 dirilis, masih banyak masukan dari pelaku usaha. Karena itu, fokus pemerintah saat ini adalah menyelesaikan harmonisasi aturan dalam deregulasi. ”Ini mungkin baru selesai akhir bulan,” ujarnya saat dihubungi kemarin (20/9).

Sebagaimana diketahui, pemerintah berencana mengeluarkan tiga paket kebijakan ekonomi. Selain paket jilid 1 yang sudah dirilis awal September lalu, paket jilid 2 rencananya akan diluncurkan pada akhir September. Selanjutnya paket jilid 3 akan diterbitkan pada pekan kedua Oktober.

Rupanya, sambung Sofjan, program deregulasi 134 aturan yang dicanangkan pemerintah mendapat banyak respons dari pelaku usaha. Sebab, ketika masuk ke tahap implementasi, ada beberapa beleid yang dinilai pelaku usaha tidak cocok. ”Jadi sekarang kami cocok-cocokkan dulu maunya pelaku usaha dengan pemerintah,” tegas Sofyan.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga