Tetap Gesit dan Semangat Jelang Pensiun

ADA banyak cara yang bisa dilakukan seorang pegawai menjelang masa pensiun. Sosok pria kelahiran Jakarta, 12 November 1963, dr R Setio Boediprajitno semakin bersemangat dalam menunaikan pekerjaannya di PT Sanbe Farma. Saat Bandung Ekspres menyambangi kantornya di Jalan Tamansari pada Jumat (18/9), pria yang menjabat sebagai product manager PT Sanbe Farma ini menyambut Bandung Ekspres ramah.
Sejurus kemudian, dia langsung mempersilakan Bandung Ekspres duduk. Dia langsung bercerita mengenai kehidupannya. Di sisa jatah waktunya di perusahaan farmasi tersebut, dia semakin bersemangat bekerja. Alasannya, dia tidak akan bisa mengulang waktu yang berharga di saat dia bekerja.

dr R Setio Boediprajitno
dr R Setio Boediprajitno

”Saya anggap, seolah-olah tak akan memiliki kesempatan bekerja lagi. Makanya harus semakin bersemangat,” ujar dia.
Dia menambahkan, saat ini dirinya tengah aktif menjalin komunikasi dengan banyak kerabatnya. Menuurt dia, pensiun itu masa di mana semua karyawan akan mengalaminya. Agar saat pensiun berarti, dia ingin kelak memiliki banyak aktivitas.
Baginya, menjalin banyak hubungan (network) dengan banyak orang akan sangat bermanfaat. Sebab, masa pensiun bukanlah masa pasif, namun harus lebih aktif dan mengabdikan diri agar bermanfaat bagi banyak orang.
”Semua orang pasti mengalami penurunan kualitas bekerja, tapi kita harus tetap berusaha untuk bekerja,” ujar dia.
Dalam mengisi waktu luang, Setio aktif menekuni hobinya. Seperti renang, bulutangkis dan yang paling rutin jalan kaki ini. Menuurt dia, olahraga menjadi hobi karena dilakukan dengan senang hati.
Saat ditanya soal raihan prestasi yang membanggakan bagi dirinya, pria berkacamata ini mengatakan, bahwa yang terpenting adalah mendorong anaknya berprestasi. Menurut dia, tolak ukur seorang ayah berprestasi dilihat dari anaknya. ”Saya mendapat medali itu biasa, tapi saat anak saya mendapat medali itu baru istimewa,” ujar dia.
Lebih lanjut dia mengatakan, meskipun memiliki banyak rencana jelang pensiun, namun dia tidak akan melupakan keluarga. Menuurt dia, nanti akan lebih banyak menghabiskan waktu bersama keluarga.
Saat ini, memang dirinya tinggal berjauhan bersama keluarga. Dia bertugas di Bandung sementara keluarga berada di Bogor. Namun, komunikasi tetap terkalin setiap hari. (mg-ad/fik)

Tinggalkan Balasan