Warga Bantaran Sungai Siap Pindah

CIDADAP – Warga RT 5/RW 10, Kelurahan Hegarmanah, Kecamatan Cidadap yang tinggal di bantaran Sungai Cikapundung, akhirnya sepakat untuk pindah ke rumah susun sewa Sadang Serang. Saat ini, setidaknya ada 38 kepala keluarga yang menempati 35 rumah, mereka dengan sukarela pindah dan menempati lokasi baru yang disediakan Pemkot Bandung.

Pernyataan itu langsung disampaikan kepada Wali Kota Bandung Ridwan Kamil yang datang menemui warga, kemarin (12/9), dan mengajak berbincang sekaligus menyampaikan tujuan pihaknya merelokasi. ’’Jadi nanti diatur oleh Pak Camat, kapan pindahnya. Tapi targetnya sebelum bulan ini kalau bisa sudah terjadi relokasi. Dan semua permohonan warga kita upayakan,” tukas Emil-sapaan akrabnya- usai bertemu dengan warga.

Dirinya datang langsung temui warga demi mengupayakan solusi terbaik. Emil menegaskan, pihaknya respon dan akan memenuhi permintaan warga. Mulai dari permintaan bantuan untuk pengangkutan barang saat pindahan, sekolah, sampai prioritas penempatan di Rusunami. ’’Kita bantu semuanya. Warga juga tadi minta diprioritaskan menempati Rusunami yang bisa dimiliki. Nanti saya prioritaskan mereka menjadi kelompok pertama,” sahut Emil.

Disinggung kadeudeuh sebagai permintaan lainnya dari warga, Emil mengaku akan mengupayakannya. Namun kemungkinan besar untuk kadeudeuh itu tak akan mengambil dana APBD. ’’Itu mah (kadeudeuh) dari saya pribadi. Saya lagi upayakan, makanya saya tidak bisa sebutkan angkanya. Tapi intinya kalau ada saya upayakan,” klaimnya.

Dalam perbincangan santai itu, Emil menyampaikan jika Pemkot Bandung sayang dengan masyarakat hingga memberi kesempatan untuk pindah ke tempat yang lebih layak. ’’Sok, saya teh nyaaah ke warga. Urusan sekolah, tempat dan lain-lain kita upayakan. Ibu-ibu dan bapak-bapak disni teh warga saya. Masalah ibu dan bapak, masalah saya juga. Makanya kita cari solusi. Saya sebagai Wali Kota kan harus ikuti aturan. Pindah itu juga sudah kita kasih tempat, tinggal cle, moal aya nu ngaganggu. Sakola budak nanti saya uruskeun, yang penting warga kompak. Ini niat bagi kita sebagai pemerintah,” ucap Emil disambut haru warga.

Perwakilan warga, Dedi Mulyono menyambut baik ajakan tersebut. Meski berat meninggalkan tempat tinggal saat ini, Dedi tetap yakin langkah pindah harus tetap dijalani demi menatap masa depan yang lebih baik. (vil)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan