Ajak Mahasiswa untuk Mandiri

Saya tekankan ke mahasiswa itu tentang samangat belajar. Jerman bisa dijadikan salah satu contoh Negara yang sukses dalam mencetak sumber daya manusia (SDM). Mahasiswa di sana (Jerman) hanya belajar setengah hari. Dari jam 08:00-12:00. Selebihnya, mereka harus belajar di perpustakaan, mengerjakan tugas. Mereka dituntut aktif di kelas. Setiap masuk kelas, mahasiswa selalu presentasi.

Apa yang harus dimiliki mahasiswa Indonesia agar saat lulus itu langsung bisa bekerja atau berwirausaha?

Mahasiswa harus pandai membuat perencanaan. Mereka harus membuat grand desain untuk masa depannya sendiri. Selagi kuliah, harus mandiri agar terbiasa. Saya dulu membiayai hidup saya selama kuliah. Saya pernah menjadi loper koran, kerja di percetakan, di toko servis elektronik hingga asisten doctoral dan asisten professor.

Terakhir, apa yang perlu dicontoh bangsa Indonesia dari Jerman

Saya pikir mental Indonesia harus belajar banyak dari Jerman. Kota di sana tertata rapi karena penduduknya sadar dalam menjaga lingkungan. Pemerintahannya sangat memperhatikan masyarakat. Bayangkan, semua orang di Jerman tercover jaminan sosial. Infrastruktur yang sangat bagus. Jadi warga bayar pajak juga tak sia-sia karena dirasakan manfaatnya. (fik)

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan