Terbanyak Sudah, Kapan Juaranya?

[tie_list type=”minus”]Wazza Lampaui Rekor Bobby Charlton[/tie_list]

PENCAPAIAN Wayne Rooney bersama timnas Inggris sudah melewati rekor Sir Bobby Charlton. Sesuai dengan janjinya, Rooney menyejajarkan namanya sebagai legenda hidup timnas Inggris pada laga menjamu Swiss, di Wembley, London, Rabu dini hari kemarin (9/9).

Sama seperti milestone ke-49-nya, bomber Manchester United menapak gol ke-50-nya dari titik putih. Rooney menjebol gawang Swiss pada menit ke-84. Gol tersebut menjadi yang kempat kalinya dilesakkan Rooney ke gawang Swiss, terakhir dia menjebol gawang Swiss pada kualifikasi Euro 2012, lima tahun silam.

Dikutip dari AFP, pelatih Roy Hodgson belum menganggap Rooney menyamai prestasi Sir Bobby. ’’Sama seperti Sir Bobby, Rooney juga ingin menjadikan Inggris lebih baik lagi. Bedanya, Sir Bobby sudah pernah memenangi trofi, harusnya Rooney juga,” ujar Hodgson. Sir Bobby mempersembahkan trofi Piala Dunia 1966.

Bukan hanya Euro 2016 yang bisa menjadi target Rooney untuk menjawab tantangan dari Hodgson tersebut. Dengan usianya yang menapaki 30 tahun, turnamen besar seperti Piala Dunia 2018 atau bahkan Euro 2020 mendatang bisa menjadi sasarannya. Target juara itu jauh lebih berat ketimbang target berapa gol lagi yang diberi Rooney untuk Inggris.

Diakui Hodgson, Rooney masih bisa semakin menjauhi pencapaian Sir Bobby dalam satu hingga dua tahun ke depan. ’’Tinggal berapa banyak dia bermain. Andaikan per tahunnya dia bermain 10 kali dan semuanya mencetak gol, maka sampai 2018 mendatang per tahun dia bisa menambah 10 hingga 15 gol lagi,” ulasnya.

Setelah pertandingan kemarin, kapten Setan Merah itu mendapatkan hadiah dari Federasi Sepak Bola Inggris FA berupa jersey The Three Lions bernomorkan 50 di belakangnya, tanda jumlah golnya. Selain itu, Rooney juga diberikan waktu untuk memberikan pidato singkat di ruang ganti.

Sedangkan untuk hadiah resminya baru akan diberikan pada laga kandang lawan Estonia, 10 Oktober dini hari nanti WIB. Rooney akan dianugerahi sepatu emas oleh Sir Bobby di laga itu. Dalam pernyataannya, pria yang sekarang berusia 77 tahun tersebut memberikan ucapan selamat kepada Rooney atas prestasinya ini.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan