Petani Rugi Rp 10,2 Miliar

Sementara wilayah yang masih aman dari kekeringan hanya Cipatat. Dari luas sawah 1093 ha yang ada di Cipatat hanya 99 ha yang sudah mengalami kekeringan. Sementara yang terancam hanya 294 ha. Kecamatan lainnya yaitu Cililin hanya 77 ha yang telah mengalami kekeringan dan yang terancam hanya 135 ha. Luas seluruh tanaman sawah di wilayah Cililin 1031 ha.

 

”Untuk kekeringan kali ini, Bandung Barat masih aman. Petani yang sawahnya mengalami kekeringan tidak terlalu parah bisa mengusulkan pompa air kepada Distanbudhut,” ucapnya.

Dia menambahkan, para petani tinggal mencari sumber-sumber air di wilayah sekitar untuk kembali mengaliri sawah kembali. Saat ini pihaknya telah menyiapkan 35 pompa air seluruh wilayah di Bandung Barat yang mengalami kekeringan. ”Para petani tinggal melaporkan kepada kepala desa sekitar untuk kebutuhan masing-masing,” ucapnya.

Selain petani yang melaporkan, warga sekitar diharapkan bisa membantu keadaan tersebut. Misalkan dengan mendapat mata air sekitar. Tidak lupa juga bantuan dari mahasiswa sekitar untuk mengangani kekeringan. Menurutnya, kekeringan bukan hanya masalah pemerintah tetapi masalah bersama. (mg5/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan