Nikmati Profesi Public Relation

[tie_list type=”minus”]Jaga Nama Baik Produk dan Brand Perusahaan[/tie_list]

BERPROFESI sebagai atau hubungan masyarakat (humas) atau public relation (Purel) tentu membutuhkan keahlian berkomunikasi. PR memiliki peran yang sangat vital dalam sebuah perusahaan. Pasalnya, nama baik perusahaan tergantung bagaimana Purel menyampaikan informasi kepada khalayak umum.

Asep Tatang
Asep Tatang

Public Realtion Manager
PT Telekomunikasi
Indonesia (Telkom) Jabar

Bagi Manajer Public Relation PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) Wilayah Jawa Barat Asep Tatang, Purel merupakan jabatan yang penuh tanggung jawab. Dia harus menyajikan informasi perusahaan dan mendorong perusahaan agar diterima dengan baik oleh masyarakat. Meski demikian, dia mengaku sangat menyukai dunia kehumasan. Berikut wawancara singkat Bandung Ekspres di Kantornya, Jalan supratman belum lama ini.

Apa yang melatar belakangi Anda menjadi seorang Purel?

Sebenarnya saya tidak bercita-cita jadi Purel. Saya lahir dan dibesarkan di keluarga pesantren. Dulu memang ingin ngaji di Gontor. Namun karena ada sesuatu halangan, saya akhirnya kuliah di Fakultas Ilmu Komunikasi Unpad.

Setelah menjadi Purel, apa yang dirasakan?

Saya senang. Jadi Purel itu pekerjaan yang bisa bersilaturahmi dengan banyak orang. Bisa menjalin persaudaraan.

Tugas utama Purel itu seperti apa?

Ada dua hal penting dan utaman yang saya perhatikan. Pertama, saya diminta perusahaan untuk merencanakan, membangun dan mempertahankan corporate image. Yang kedua juga tak jauh berbeda, yakni mem-push, merencanakan, membangun dan mempertahankan product image.

Apakah ada kesulitan dalam berkomunikasi dengan masyarakt, media atau company lain?

Kendala ada, tapi bagaima kita menyikapinya. Saya pelajari kehendak stakeholder itu seperti apa. Kalau cocok kita bisa sinergis. Kalau tidak, kita coba beberapa alternatif sinkron.

Zaman ini kan selalu berubah, bagimana Anda menyikapi hal ini.

Tentunya Telkom berusaha untuk berinovasi. Justru Telkom bagian dari perubahan dan perkembangan zaman. Saat ini eranya digital. Di mana hampir semua orang bebas mengakses internet kapan saja dan dimana saja. Telkom sebagai operator yang menyediakan jaringannya.

Anda sendiri sebagai Purel, apa yang dilakukan agar produk yang anda keluarkan tepat sasaran.

Tinggalkan Balasan