Imigran Indonesia Tenggelam di Laut Malaysia

[tie_list type=”minus”]Baru 14 Jenazah Ditemukan[/tie_list]

KUALA LUMPUR – Insiden yang melibatkan imigran ilegal asal Indonesia di Malaysia kembali terjadi. Kemarin (3/9) setidaknya 14 orang imigran ilegal asal Indonesia dilaporkan tewas di perairan laut Malaysia. Sebanyak 13 orang diantaranya perempuan dan seorang lagi laki-laki. Jenazah mereka telah dibawa ke Rumah Sakit Umum Teluk Intan di Negara Bagian Perak.

Imigran Indonesia Tenggelam
Imigran Indonesia Tenggelam di Laut Malaysia

Perahu yang ditumpangi oleh para imigran ini terbalik. Diperkirakan tragedi ini terjadi karena cuaca buruk dan kelebihan penumpang. Sebab, perahu yang terbalik tersebut kapasitasnya sekitar 70 orang. Namun, orang yang berada di dalamnya diperkirakan mencapai 100 orang.

Pejabat Badan Penegakan Maritim Malaysia (MMEA) Muhammad Aliyas Hamdan mengungkapkan, bahwa perahu yang membawa para imigran ini meninggalkan Sabak Bernam Negara Bagian Selangor menuju Sumatra. Sejauh ini baru 19 orang yang ditemukan dalam kondisi selamat. Sebanyak 15 diantaranya ditemukan oleh nelayan. Proses pencarian masih dilakukan.

’’Jika mereka masuk secara legal, mereka tidak akan meninggalkan negara ini dengan cara seperti itu,’’ ujar Muhammad. Sekitar 2 juta imigran bekerja di Malaysia secara ilegal. Sebagian besar berasal dari Indonesia.

Terpisah Direktur Operasi Penyelamatan dan Pencarian MMEA Kapten Robert Teh Geok Chuan menegaskan, pencarian korban dilakukan hingga malam. Sebanyak 12 kapal, 200 petugas dan beberapa hekopter dikerahkan untuk mencari korban selamat.

’’Kami takut jumlah korban jiwa akan melonjak karena ini sudah berjam-jam sejak kapal tersebut karam’’ terang Robert. (AFP/Reuters/sha/hen)

Tinggalkan Balasan