Libatkan Ulama Sosialisasikan KB

Selain itu, pengembangan dengan memanfaatkan tumbuh tumbuhan herbal juga sedang diupayakan oleh peneliti dari universitas di Surabaya yaitu dengan memanfaatkan buah Ganda rusa dari pedalaman Papua untuk dikembangkan sebagai salah satu alternative alat kontrasepsi berupa PIL khusus untuk pria. ’’Ini juga sedang dikembangkan dan telah dijadikan salah satu program oleh pemerintah pusat yang bekerjasama dengan perguruan tinggi,” papar dia.

Untuk itu, upaya peningkatan kepersertaan KB pria ini sangat serius dilakukan pemerintah dalam mencapai titik maksimal di setiap daerah, termasuk Jabar.

Dibidiknya target kepesertaan KB pria ini agar pertumbuhan penduduk bisa ditekan mengingat Jabar berada dalam tingkat laju pertumbuhan penduduk mencapai 1,7 persen. Sementara angka kelahiran sendiri atau total fertilitas rate (TFR) mencapai 2,5 persen.

Sugilar berharap, melalui kerja sama dengan MUI dan pemangku kepentingan lain, target Jabar TFR 2,3 persen dapat dicapai akhir 2015. ’’Tanpa upaya dan kerjasama ini semua pihak target kami tidak mungkin terwujud. Tapi, apabila kita berusaha maksimal, saya optimistis target yang telah ditetapkan tercapai dengan baik,’’ pungkas Sugilar. (yan/adv)

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan