Erix Soekamti Pilih Pocong karena Bikinnya Gampang

Langkah selanjutnya menyelotip dan jadilah bagian kaki serta tangan Danbo. Proses pembuatannya, menurut Nanang, membutuhkan waktu sekitar dua hari dengan bantuan beberapa rekan di bengkel sepeda tempatnya bekerja.

’’Kostumnya sudah hancur. Setelah acara, dipeluk sana-sini, diajak foto bareng, dan juga kena tumpahan minum,’’ ucap Nanang.

Sementara itu, gelar terburuk menjadi milik kostum minions yang dikenakan Bima Patria Putera. Tapi, Bima justru menilai titel tersebut sebagai humor yang sukses. Sebab, selama ini dia biasa diledek seperti minions karena karakternya yang lucu.

Bima mengaku membeli pakaian lengan panjang sebagai pelengkap kostum di toko baju muslim. Diakuinya, agak susah mencari yang berwarna kuning, warna khas minions. Langkah selanjutnya adalah membeli legging kuning.

Sebagai tambahan aksesori kacamata minions, dia membuatnya dari saringan, kemudian dilengkapi lakban berwarna silver. ’’Total bikin kostum itu habis Rp 70 ribu,’’ ucap freelancer di salah satu event organizer di Jogja tersebut.

Lain lagi alasan si pocong, vokalis band pengusung idiom punk Endank Soekamti, Erix Soekamti. ’’Kenapa pocong? Karena gampang bikinnya. Tinggal ambil seprai, iket di atas. Beres,’’ ungkapnya.

Erix tak pernah absen mengikuti GMHRPH. Tahun pertama, bapak dua anak itu berpakaian Kamtis Army. Tahun lalu, dia mengenakan kostum Joker, villain bermuka seram yang menjadi lawan Batman.

Acara tahun ini diawali dengan upacara bendera. Kebetulan, GMHRPH berdekatan dengan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Baru kemudian acara fashion show.

Nama peserta yang dipanggil pembawa acara dipersilakan berlenggak-lenggok di atas panggung kecil berukuran sekitar 3 x 5 meter. Para juri terdiri atas jurnalis, seniman, serta kru band punk Jogja, Endank Soekamti.

Menurut Erix, dari tahun ke tahun, acara itu semakin seru. Para peserta datang dengan kostum yang juga kian gila. ’’Kalau tahun pertama dan kedua masih malu-malu, tahun ketiga malu-maluin alias tak lagi punya malu, hahaha,’’ ujar Erix. Mungkin dia sedang membicarakan aksi si pocong saat jamming tadi. (*/c5/ttg/hen)

Tinggalkan Balasan