Pengamanan VIP Protection

[tie_list type=”minus”]Minta Para Calon dan Tim Sukses Jaga Kamtibmas[/tie_list]

SOREANG—Tim gabungan Polres Bandung, Brimob, TNI dan Satpol Pp menyatakan kesiapannya dalam mengamankan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Bandung yang akan digelar Desember mendatang. Personel dari Satuan Brimob pun akan diterjunkan sebagai salah satu prosedur pengamanan (VIP Protection) yang akan diberikan kepada setiap pasangan calon (paslon) dalam momentum lima tahunan itu.

Kapolres Bandung AKBP Erwin Kurniawan mengatakan, saat ini pihaknya juga sudah menerapkan status siaga untuk wilayah Kabupaten Bandung demi mengamankan beberapa tahapan jelang Pilkada. Sesuai dengan agenda, kemarin merupakan penetapan cabup dan cawabup. Kemudian Selasa (25/8), hari ini, penentuan nomor urut.

”Kami dari aparat kepolisian tentu harus mengawal itu demi menciptakan kondusivitas,” kata Erwin saat usai gelar pasukan di Mapolres Bandung, kemarin (24/8).

Menurut dia, menghadapi masa kampanye hingga pencoblosan pihaknya juga sudah menyiapkan berbagai persiapan termasuk menurunkan 1.200 personel dibantu aparat TNI dan pemerintah setempat. Para petugas itu nanti akan disebar untuk mengamankan sejumlah lokasi seperti kantor KPU, Panwaslu, Pemkab Bandung, TPS, hingga PPS mencegah terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban.

”Kami juga ikut memberikan pengamanan pada pasangan calon (Paslon),” ucap Erwin.

Rencananya, lanjut dia, dua personel dari Satbrimob disiagakan untuk setiap paslon sebagai VIP protection. Petugas khusus tersebut akan mengawal para bakal calon hingga pemungutan suara. Terkait hasil pemetaan wilayah yang rawan, diakui Erwin, hingga saat ini hal tersebut cenderung tak ada. Namun, jajarannya akan memprioritaskan daerah tempat para calon tinggal.

”Mungkin saja nanti saat penghitungan calon A malah menang di wilayah si B. Dan itu yang perlu kami awasi suhu politiknya,” ungkapnya.

Di samping itu, agar kondusivitas pelaksaan Pilkada bisa berjalan tanpa hambatan pihaknya juga ikut meminta kerjasamanya dari para pasangan calon hingga tim sukses. Kapolres juga dalam waktu dekat akan mengunjungi seluruh pasangan calon yang ikut dalam bursa Pilkada nanti sebagai langkah sosialisasi kamtibmas. ”Sesuai dengan instruksi, Operasi Mantap Praja 2015 yang kini kami laksanakan akan dilakukan hingga 368 hari,” pungkasnya. (yul/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan