Satu Tusuk Gigi Rp 84 Juta

”Yang sangat disayangkan juga lambatnya pihak bank menanggapi keluhan nasabah. Padahal, laporan ke pihak kepolisian langsung dibuat hari itu juga setelah kejadian,” paparnya lagi.

Agus menambahkan, sebelum peristiwa pembobolan ATM yang menimpa Agus, kejadian serupa pernah terjadi di lokasi ATM yang sama. Kala itu uang senilai Rp 20 juta milik seorang ibu rumah tangga.

Atas peristiwa yang menimpa, Agus mengaku akan lebih berhati-hati lagi saat mengambil uang di ATM. Terlebih jika di tempat-tempat umum. Seperti, di minimarket maupun mesin ATM yang jauh dari pengawasan pihak keamanan.

”Kemungkinan uang di ATM saya sudah habis sama pencuri, dan saya jadikan pelajaran bagi masyarakat agar berhati-hati saat bertransaksi di ATM. Mudah-mudahan pelakunya bisa cepat tertangkap dan saya mengharapkan juga pihak bank lebih koperatif jika dapat keluhan dari nasabahnya,” katanya.

Menanggapi hal itu, Kapolres Cimahi AKBP Dedi Kusuma Bakati mengimbau, mayarakat lebih waspada saat melakukan transaksi di mesin ATM. Salah satunya, melindungi kerahasiaan Personal Identification Number (PIN). Teknisnya, dengan cara menutup dengan tangan ketika mengetik nomor PIN dengan pada keyboard. Dengan begitu, PIN tidak bisa dilihat oleh orang lain.

”Jangan mudah percaya kepada orang yang tidak dikenal. Sekali lagi, waspadai modus kejahatan di ATM oleh pelaku yang berpura-pura membantu,” tegas Dedy kemarin.

Dia menilai, tidak selamanya yang membantu itu berniat baik. Sebaliknya, mereka bisa jadi merupkan sindikat yang berniat menguras isi tabungan milik korban. ”Mungkin mereka melihat saat korban bertransaksi atau mereka pura-pura membantu dengan menanyakan nomor PIN,” terang dia.

Di bagian lain, dia juga berharap masyarakat bisa memilih lokasi ATM yang dinilai aman untuk bertransaksi. Terlebih, saat ini ATM memiliki banyak kemudahan termasuk melakukan transaksi belanja. ”Minimalisir dari diri sendiri. Jangan semua transaksi dari kartu debit,” ungkap dia. (gat/rie/hen)

[box type=”shadow” align=”” class=”” width=””]

Cara Haram Dapat Uang dari Mesin

  1. Korban memasukan kartu ke dalam mesin ATM.
  2. Kartu ATM tidak bisa masuk.
  3. Salah seorang di belakang korban yang diduga komplotan berpura-pura mencoba membantu memasukan kartu ke dalam mesin ATM.
  4. Ternyata mesin ATM itu tidak rusak. Namun, diganjal sebatang tusuk gigi yang sengaja dipasang pelaku untuk menjepit kartu tersebut.
  5. Setelah kartu masuk ke dalam mesin, kartu tersangkut di mesin ATM.
  6. Korban tidak sadar ATM-nya ditukar oleh orang yang mencoba membantu, saat akan mengeluarkan kartu yang tersangkut di dalam mesin.
  7. Pelaku yang memegang kartu ATM langsung melakukan transfer ke nomor rekening lain.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan