Kurangi Masalah Penglihatan Anak Usia Dini

CIBIRU – Sejumlah siswa SD di Kota Bandung menjalani pemeriksaan dan pemberian 1.400 kacamata gratis di SDN Sukapura, Kelurahan Pasawahan Kecamatan Cibiru kemarin (18/8). Kegiatan ini sebagai bentuk perhatian Gabungan Pengusaha Optik Indonesia (Gapopin).

Rombongan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil yang didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung Elih Sudiapermana disambut dengan marching band yang diperagakan siswa-siswa SDN Sukapura.

Satu persatu siswa yang telah dipilih karena kelainan mata mendapat pemeriksaan mata secara komprhensif. Bila ditemukan efraksi pada mata anak yang bersangkutan akan mendapat kacamata yang sesuai supaya penglihatan dapat maksimal.

Ridwan Kamil mengatakan, program ini memiliki tujuan mengurangi problem penglihatan anak-anak usia dini, sehingga tingkat daya serap belajar mereka bisa lebih optimal. ’’Kita fokuskan pada anak SD, karena disinyalir pada usia muda anak-anak yang punya problem penglihatan harus dibantu. Kadang-kadang mereka tidak paham bahwa mereka punya problem,” ujar Ridwan.

Pembagian kacamata gratis ini akan dilanjutkan ke sekolah dasar lainnya di Kota Bandung. Ridwan berharap, kegiatan ini bisa menjadi agend arutin Pemrintahan Kota Bandung juga pengusaha yang berkecimpung di bidang optik.

Ketua Gapopin Satiawan Pratadaja mengklaim, kegiatan ini merupakan ajang bakti sosial pihaknya untuk pertama kali yang diselenggarakan di Kota Bandung. ’’Acara seperti ini sering kami dilakukan, namun dipilih Kota Bandung serta bertepatan dengan 70 tahun kemerdekaan Indonesia,” sahut Satiawan.

Selain itu, dirinya menandaskan, bakti sosial sengaja menyasar siswa SD, karena mereka ingin membantu anak-anak dari hal sederhana dan mendasar. (bbs/vil)

Tinggalkan Balasan