Lakukan Ziarah ke TMP Cikutra

CIBEUNYING KIDUL – Sebagai sebuah rangkaian memperingati Hari Veteran Nasional ke-60 tahun, sejumlah Legiun Veteran Republik Indonesia berziarah ke Taman Makam Pahlawan Cikutra kemarin (10/8).

Hari Veteran Nasional
AMRI RACHMAN DZULFIKRI/BANDUNG EKSPRES
MENGOBROL: Para veteran mengobrol ketika menghadiri acara peringatan hari veteran di Monumen Perjuangan Rakyat, Jalan Dipatiukur, Kota Bandung, Senin (10/8).

Ziarah yang dilakukan para veteran adalah bentuk penghormatan kepada pahlawan yang telah gugur ketika perang melawan penjajahan Belanda dan Jepang.

Usai melaksanakan upacara sederhana yang dihadiri oleh ratusan anggota klub motor dan anggota pramuka, sejumlah veteran yang menyebar dalam rangka prosesi penaburan bunga dan doa bersama.

Meskipun kondisi fisik yang sudah tidak sebaik dahulu, para veteran tetap bersemangat melakukan prosesi ziarah dengan khimad.

Ketua LVRI Kota Bandung Soedirman mengatakan, ziarah ke TMP Cikutra menjadi kali pertama dilakukan pihaknya selama peringatan Hari Veteran Nasional. Menurutnya, kegiatan tersebut menjadi bentuk penghormatan terhadap jasa-jasa rekan seperjuangan yang lebih dahulu dipanggil oleh Yang Maha Kuasa.

’’Kami datang ke sini memperingati Hari Veteran Nasional dan sebagai penghormatan kita kepada teman-teman yang sudah pergi. Karena perjuangan mereka membela bangsa ini harus kita hormati,” ujar Soedirman.

Soedirman menyebut, kegiatan ziarah tersebut diikuti sekitar 150 orang veteran se-Bandung Raya. Tak cuma itu, para veteran memang berperan aktif di LVRI. ’’Ir. Suluh Humorot adalah salah satu teman kita waktu melawan para penjajah dari Belanda, tapi beliau wafat bukan saat perang,’’ tukasnya.

Sementara itu, Komunitas Fotografer Amatir Bandung (KOFABA) merespon para pejuang tanah air dengan hasil karya bidik lensa bertajuk ’’Pameran Foto Veteran’’ di Monumen Perjuangan Jawa Barat. Ajang itu akan diadakan selama satu bulan ke depan.

Dalam pamerannya ini, ditampilkan puluhan potret dari para veteran pejuang, veteran pembela dan waveri yang dibingkai ke dalam foto berukuran 16R. Karya-karya tersebut dibidik oleh fotografer Ivan Arsiandi dan Ahmad Fitrian.

Pameran Foto Veteran memberikan gambaran tentang perjuangan untuk mendapatkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia yang dilakukan oleh para LVRI. (bbs/vil)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan