Kantongi Laba Rp 314,04 Miliar

Seperti diketahui, Perum Jamkrindo pada akhir April lalu menandatangani perjanjian kerja sama dengan Bank BNI terkait penjaminan di sektor kemaritiman. Beberapa koperasi dan UMKM di sektor maritim yang akses kreditnya diberikan BNI, seluruhnya dijaminkan oleh Perum Jamkrindo.

Diding juga bertekad untuk terus meningkatkan kapabilitas dan kapasitas SDM di internal perusahaannya. Hal ini sebagai upaya antisipasi terhadap akan segera disahkannya RUU Penjaminan yang saat ini sudah dalam tahap amanat presiden (Ampres). ”Nantinya akan ada pendampingan sehingga kami harus siap dengan SDM dan bila perlu kami bertekad akan ada ahli di bidang penjaminan, packaging dan pemasaran khususnya untuk sektor UMKMK,” kata Diding.

Tak berhenti sampai di situ, Perum Jamkrindo sedang dan akan melakukan langkah-langkah strategis. Di antaranya manajemen akan melakukan penyertaan modal pada perusahaan reasuransi nasional, Credit-Rating Pefindo, dan Perusahaan Penjaminan Kredit Pengusaha Indonesia (PKPI). Langkah lain adalah mendirikan perusahaan asuransi dan perusahaan manajemen investasi.

Guna meningkatkan daya saing dan jangkauan aksesibilitas penjaminan bagi UMKMK, kini Perum telah memiliki 35 Kantor Cabang di seluruh provinsi dan telah mendirikan pula 21 Kantor Unit Pelayanan (KUP) ditingkat Kabupaten/Kota. (rls/tam/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan