oleh

Honda Incar Kemenangan Ke-700

LONDON – Dua kemenangan yang diraih tim Repsol Honda di Grand Prix Jerman sebelum jeda paruh musim, membuat tim tersebut kini mengumpulkan 698 kemenangan di balapan grand prix berbagai kelas. Dua kemenangan grand prix lagi buat Honda akan membuat pabrikan asal Jepang itu menjadi manufaktur pertama yang mampu mencatatkan rekor 700 kemenangan sepanjang keikutsertaan mereka di balapan grand prix.

Incar kemenangan
MISI DIMULAI: Pembalap Repsol Honda Marc Marquez keluar dari pit saat sesi tes pramusim hari pertama di Sirkuit Sepang, Malaysia, kemarin.

Sebagai informasi, pembagian jumlah kemenangan yang diraih Honda selain di GP Jerman kemarin adalah 109 kali menang di kelas MotoGP, 156 kali menang di kelas 500cc, 35 kali menang di kelas 350cc, 207 kemenangan di kelas 250cc, 14 kali menang di kelas Moto3, 164 kali menang di kelas 125cc, dan 13 kali menang di kelas 50cc.

Selain itu, ada total 79 pembalap berbeda yang memberikan gelar kemenangan buat Honda. Musim paling sukses buat Honda di balapan grand prix terjadi pada tahun 1997. Ketika itu mereka membukukan 31 kali kemenangan dari berbagai kelas antara lain 15 kali di kelas 500cc, 12 kali di kelas 250cc, dan 4 kali di kelas 125cc.

Sejak pertama kali balapan Grand Prix digelar tahun 1948 atau 67 tahun lalu, pabrikan Honda berhasil meraup 24 persen kemenangan dari total 2.907 balapan yang digelar hingga saat ini. Sirkuit yang paling banyak memberikan gelar kemenangan buat mereka ada di Belanda yaitu Sirkuit Assen. Di sana, Honda total meraih 58 kali kemenangan.

Dua pembalap yang memperkuat Honda musim ini, Marc Marquez serta Dani Pedrosa masuk dalam daftar sepuluh pembalap Honda yang paling banyak memberikan gelar kemenangan buat tim. Pedrosa ada di posisi kedua dengan 49 kali, sedangkan Marquez di peringkat kedelapan dengan 21 kali.

Valentino Rossi yang dulu pernah jadi andalan Honda menghuni peringkat kelima. Pembalap asal Italia itu punya koleksi 33 kemenangan bersama tim berlambang sayap mengepak ini. Sampai sekarang, rekor jumlah kemenangan terbanyak masih dipegang oleh Mick Doohan. Pembalap legendaris asal Australia itu mengumpulkan 54 kemangan sepanjang karirnya di kelas paling bergengsi, 500cc (sekarang kelas MotoGP). (ind/fik)

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga