Citilink Tergelincir, Penumpang Terluka

PADANG – Pesawat Citilink Airbus 320 QG 970 kecelakaan di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Kabupaten Padangpariaman sekitar pukul 19.30, Minggu (2/8). Pesawat yang membawa 174 penumpang itu tergelincir saat mendarat di tengah hujan deras.

DAPAT PERAWATAN: Penumpang Citilink Airbus 320 dilarikan ke rumah sakit terdekat.
DAPAT PERAWATAN: Penumpang Citilink Airbus 320 dilarikan ke rumah sakit terdekat.

Seorang terluka ringan di bagian tangan dan tiga orang dilarikan ke Rumah Sakit Siti Rahmah Padang karena shock serta terinjak saat evakuasi lewat pintu darurat. Pantauan Padang Ekspres (Group Bandung Eskpres) di BIM, badan pesawat yang dipiloti Kapten Berry P. Sinaga dengan tiga kru pesawat ini, tergelincir ke rerumputan di sisi kiri landasan pacu (runway). Penumpang dievakuasi ke terminal bandara.

Vice President Corporate Communication Citilink Indonesia Benny S. Butar-butar mengatakan, pesawat dengan nomor registrasi PK-GQG jenis Airbus A320 itu tergelincir saat mendarat di BIM sekitar pukul 19.30. Dia menduga peristiwa ini terjadi karena faktor cuaca yang buruk di Kota Padang. ’’Saat ini seluruh penumpang sebanyak 174 orang, termasuk satu bayi dan 3 anak-anak serta pilot dan crew selamat dan sudah dievakuasi. Meski demikian, ada dua penumpang yang dilarikan ke rumah sakit karena mengalami shock atas kejadian tersebut,’’ kata Benny.

Pihaknya saat ini sedang berkoordinasi dengan Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). Termasuk upaya menarik pesawat Citilink. ’’Kami berupaya malam ini juga mengevakuasi pesawat yang tergelincir tersebut. Dan, berkoordinasi dengan KNKT. Ini sebagai langkah agar tak menganggu jadwal penerbangan maskapai lainnya,’’ sebut dia.

Benny mengatasnamakan manajemen Citilink meminta maaf kepada seluruh penumpang dan keluarga atas kejadian ini.

Dihubungi terpisah, pihak PT Angkasa Pura II BIM mengaku masih melakukan evakuasi terhadap penumpang pesawat. General Manager PT Angkasa Pura II BIM Yayan Hendra Yani yang dihubungi sekitar pukul 21.34 malam tadi, mengaku, belum mendapat kabar pasti berapa orang penumpang yang mendapatkan perawatan atau yang luka-luka, serta penyebab tergelincirnya pesawat Citilink tersebut.

’’Hingga saat ini, saya masih lakukan koordinasi dengan petugas terminal dan juga tim rescue yang sedang melakukan evakuasi. Saya saat ini sedang berada di Jakarta jadi terpaksa saya pantau terus perkembangan dari jauh,” sebut Yayan kepada Padang Ekspres.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan