Pelatda Paralayang Jabar Turun di BK PON

BABAK kualifikasi PON XIX cabang olahraga (cabor) paralayang rencananya akan dihelat pada September 2015 mendatang di Puncak Bukit Batudua, Gunung Lingga, Kecamatan Cisitu, Kabupaten Sumedang.

Paralayang merupakan salah satu sub cabor dari Federasi Aero Sport Indonesia (FASI), demikian ungkap Al Arthur Muchtar kepala pelatih paralayang Jawa Barat (Jabar).

Menurutnya, cabor paralayang mempertandingkan nomor ketepatan mendarat perorangan putra, lintas alam jarak terbuka perorangan putra dan tandem putra, lintas alam jarak tertutup perorangan putra dan tandem putra ditambah kategori beregu.

”Dari enam nomor yang dipertandingkan tidak ada satupun kategori putri,” terangnya saat dihubungi Radar Bekasi (Grup Bandung Ekspres)melalui via telepon, kemarin (28/7).

Masih kata dia, selaku tuan rumah BK PON XIX nanti pihaknya akan mengoptimalkan 17 atlet putra untuk bisa turut ambil bagian mengikuti jalannya pertandingan. Tujuannya ialah sebagai ajang latih tanding sekaligus membaca pemetaan kekuatan lawan dari daerah lain sebelum tampil resmi di ajang yang sesungguhnya, yaitu PON XIX 2016.

”Meskipun sudah mendapatkan jatah Well Card lolos lantaran selaku tuan rumah atlet paralayang Pelatda Jabar tetap diproyeksikan untuk ambil bagian di ajang BK PON XIX,” imbuhnya.

Menurutnya, BK PON XIX bagi atlet Pelatda Jabar dapat dijadikan sebagai acuan dasar dalam rangka mengetahui kekuatan lawan tanding di PON XIX nanti. Untuk itu, atlet paralayang Pelatda Jabar sudah melakukan banyak persiapan latihan jauh sebelumnya.

”Pemetaan kekuatan lawan harus bisa termonitoring, sehingga dapat kami konversikan menjadi suatu strategi dalam pencapaian target peraihan medali emas di laga sungguhan nanti,” pungkasnya. (asd/mio)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan