Pembeli Pertalite Masih Minim

Dengan kadar RON 90, RON pertalite berada di antara pertamax dan premium, artinya dari segi kualitas lebih baik dibandingkan premium. Sedangkan dari segi harga, pertalite lebih murah dari pada pertamax, yakni hanya berkisar Rp 8.400 per liter.

Sementara itu, salah seorang pembeli Ade, mendengar kualitas pertalite setara dengan pertamax. Karena itu dia ingin mencoba untuk kendaraan. Meski sebenarnya belum yakin juga. ”Baru mau coba,” kata dia.

Masyarakat pun sudah ada yang mengetahui keberadaan pertalite dari media masa. Bahan bakar ini akan menjadi pilihan. Seperti disampaikan salah seorang warga Bandung, Rubi, 29. Karena itu, tidak kaget lagi dengan kemunculannya. ”Paling tidak, kita bisa ada pilihan. Bisa gunakan premium atau pertalite, selain itu kita bisa milih pertamax,” ucap dia.

Sementara itu, satu-satunya yang menyediakan pertalite di Bandung barat adalah SPBU 3140501. Berokasi di kompleks Kota Baru Parahyangan. Persediaan pertalite di situ sampai 16 ribu liter. Dari pukul 12.00 WIB hingga 16.00 WIB sudah habis 1.137 liter.

Menurut Kepala SPBU 3140501 Dani Firdaus, kebanyakan pembeli penasaran dan ingin mencoba BBM jenis baru tersebut. Berdasarkan perhitungan rata-rata harian dari Pertamina, tingkat konsumsi premium mencapai 70-80 ribu kiloliter, sedangkan pertamax 8.000 kiloliter. Untuk pertalite, Pertamina akan menyalurkan 8 kiloliter BBM untuk setiap SPBU selama masa percobaan. ”Sudah dari dua hari yang lalu, para pelanggan sudah menanyakan kehadiran BBM tersebut,” ucap dia.

Dia menjelaskan, untuk seliter premium bisa menempuh 10 Km. Sedangkan pertalite bisa 11 Km atau 11,6 Km. Selain hemat, pertalite dinilai lebih ramah terhadap mesin karena mengandung Oktan 90. Sedangkan premium hanya RON 88. Bahkan ia mengklaim, banyak kendaraan di Indonesia dikhususkan untuk mengkonsumsi bahan bakar tersebut. ’’Spec (spesifikasi) mobil di Indonesia, 60 persen lebih membutuhkan minimum RON 90,” jelas dia.

‎Dalam uji yang telah dilakukan Pertamina, dua jenis mobil yakni Toyota Avanza dan Toyota Camry‎ menggunakan premium dan pertalite. Hasilnya, Avanza bisa menempuh 14,78 Km/liter menggunakan pertalite dan 13,9 Km/liter menggunakan premium. Sedangkan Camry 16,09 Km/liter dengan pertalite dan 15,08 Km/liter.

Pertalite datang ke Bandung Barat pada pukul 14.00 WIB hari Kamis (23/07). Dibukanya penjualan pertalite dibuka pada pukul 12.00 WIB sehabis dzuhur.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan