Traffic Kereta Masih Tinggi

[tie_list type=”minus”]Perpanjang Rute Daerah Timur[/tie_list]

BANDUNG – Pengguna Kereta Api (KA) dari dan menuju Bandung masih tinggi. Oleh karena itu, PT KAI memutuskan pengoperasian Kereta Api (KA) Kutojaya Selatan Lebaran jurusan Bandung–Kutoarjo, diperpanjang hingga 28 Juli mendatang.

Sementara, KA Pasundan Lebaran Bandung–Surabaya tetap beroperasi hingga 25 Juli, serta KA Lodaya Lebaran Bandung-Solo masih tetap beroperasi hingga 26 Juli nanti. ’’Perpanjangan jadwal ini disesuaikan dengan kebutuhan dan permintaan para pemudik di jurusan itu. Secara umum, proses layanan arus balik dan mudik Lebaran dari Bandung ke sejumlah jurusan dan sebaliknya berlangsung cukup lancar dan kondusif,’’ ujar Kepala Humas PT KAI Daop II Bandung Zunerfin kepada Bandung Ekspres di kantornya kemarin (23/7).

Dia menyebutkan, rata-rata kereta dari jurusan timur ke Bandung mengangkut sekitar 8.500 penumpang. Sekitar 5.000 penumpang turun di Stasiun Bandung dan 3.500 penumpang di Stasiun Kiaracondong. ’’Sebenarnya untuk KA reguler itu puncak arus mudik tidak bisa dipastikan, karena seluruh KA tiba dengan 100 persen tempat duduk atau penuh. Kecuali untuk KA lokal memang ada peningkatan signifikan,’’ sebutnya.

Sementara itu, menurut Kepala Stasiun Kiaracondong Kota Bandung Tommy Haryanto, rata-rata penumpang arus mudik lebaran di stasiun itu sejak Senin lalu hingga hari ini, perharinya tercatat bisa mencapai 4.000-an penumpang.

’’Stasiun Kiaracondong merupakan stasiun terakhir bagi KA ekonomi dari jurusan timur yakni Pasundan, Kahuripan, Kutojaya termasuk dua KA lebaran,’’ ucap dia.

Sedangkan rata-rata setiap rangkaian KA pada layanan mudik dan milir lebaran ini mengangkut 630 hingga 660 penumpang per rangkaiannya. Termasuk dengan jumlah dua kereta tambahan di setiap rangkaiannya.

Selain itu, Tommy menambahkan, jumlah penumpang ke jurusan timur juga masih cukup tinggi. Hal ini menurut dia, karena banyak warga yang berangkat mudik seusai Lebaran karena lebih santai dan leluasa. ’’Selama musim mudik ini, pengamanan di KA ditingkatkan. Selain Polsuska juga ditambah personil Brimob,’’ tutup dia. (kha/far)

Tinggalkan Balasan