Volume Kendaraan Naik 20 Persen

Sementara itu, Kepala pos PAM 3 Cimahi Kompol Arif Rakhman membenarkan, kemarin volume kendaraan di jalur Cimahi mengalami peningkatan. Namun peningkatan ini bukan dikarenakan kendaraan pemudik. Akan tetapi, karena bertambahnya aktivitas masyarakat yang meningkat pula.

”Arus lalu lintas memang padat, tapi bukan karena pemudik. karena saja, tapi aktivitas masyarakat juga ikut meningkat. Mereka belanja untuk keperluan Lebaran,” terangnya.

Untuk aktivitas belanja sendiri, Arif memprediksi akan mencapai puncak pada H-4 Idul Fitri. Karena menurutnya, jika melihat pada tahun-tahun sebelumnya, aktivitas masyarakat belanja puncaknya pada H-4. ”Bisa jadi besok (hari ini, Red) akan bertambah karena hari libur,” katanya memprediksi.

Arif melanjutkan, untuk mengantisipasi kemacatan, disejumlah titik digunakan sistem pagar betis. Di mana setiap beberapa meter dari persimpangan, akan ditempatkan anggota. ”Petugas yang diturunkan dalam Operasi Ketupat Lodaya 2015 ini, bukan hanya untuk pengaturan arus lalulintas saja. Petugas juga harus patroli untuk mengantisipasi tindak kriminalitas di wilayah,” tegasnya.

Antisipasi tersebut dilakukan pada siang hari dengan melakukan pengaturan lalu lintas. Hal ini untuk mengantisipasi kemacetan, baik oleh masyarakat yang mudik maupun yang hendak berbelanja. Namun, pada saat malam hari ketika arus kendaraan lancar, petugas bergantian patroli ke daerah-daerah.

”Untuk tindak kriminal, sejak H-7 sampai hari ini, di wilayah Cimahi belum ada laporan terkait tindakan kriminalitas. Namun, kami bersama petugas Polres Cimahi terus melakukan patroli,” tandasnya. (gat/rie)

[box type=”shadow” align=”” class=”” width=””]

Betapa Macetnya Cimahi

  • Total Kendaraan yang melintas 128.932 unit rata-rata per hari
  • Padalarang – Pasar Antri – Alun-Alun Cimahi berjumlah 46.939 unit (40.366 unit motor)
  • Kemarin: Bandung – Cimindi berjumlah 104.967 unit (92.653 motor)
  • Leuwigajah – Cimahi berjumlah 42.343 (35.709 motor)
  • Padalarang – Cimahi berjumlah 53.207 unit (45.001 unit motor)

Delapan Titik Macet

Simpang Sangkuriang, Pojok, Cihanjuang, Cimindi, Kebonkopi, Simpang Jati, Jalan Baros dan Alun-Alun Cimahi.

 *Sumber diolah

 [/box]

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan