Tur Pramusim, Asia Tetap Pasar Utama Klub-klub Eropa

Indonesia memang tak masuk dalam jadwal pramusim Liverpool. Namun, Ayre mengakui kalau The Reds sudah punya mitra sponsor di Indonesia. Yakni Garuda Indonesia. Kerjasama per musim yang kabarnya mencapai Rp 5 miliar per musim tersebut sudah berlangsung sejak 1 Juni 2014 silam.

”Garuda Indonesia mereka merupakan sponsor besar bagi kami,” ungkap Ayre.

Sisi komersial juga bisa dikeruk dari popularitas tim. Liverpool bisa mengaca dari sesama klub Premier League, Manchester United. Beberapa tahun terakhir, United pernah diperkuat pemain-pemain Asia, sebut saja Park Ji-sung (Korsel) dan Shinji Kagawa (Jepang)

Kedua pemain ini mampu mendongkrak penjualan jersey Setan Merah di Asia. Dengan strategi yang sama, Liverpool menyasar bisnis di Finlandia. Makanya, di pramusim kali ini, pertandingan terakhir dilakukan di Olympic Stadium, Helsinki, tujuh hari sebelum Premier League 2015-2016 berlangsung.

Chief Commercial Officer Liverpool Billy Hogan menuturkan, mereka ingin mengembangkan pasar lewat pramusim di Finlandia. Apalagi, Liverpool juga pernah mempunyai pemain asal Finlandia, Sami Hyppia. ”Kami akui, karena Sami Hyppia-lah basis pendukung Liverpool di Skandinavia ini terus berkembang. Dari situ kami ingin terus menggali potensi di Skandinavia ini dengan cara bermain melawan klub juaranya, beberapa hari sebelum kami turun di Premier League,” tutur Hogan kepada Daily Express.

Liverpool bukan satu-satunya klub Premier League yang “ngamen” di Asia. Arsenal, Manchester City, Everton dan Stoke City. Bahkan, Arsenal dan Everton sudah merancang sebuah turnamen mini di Singapura pada 15 hingga 18 Juli mendatang. Turnamen bertajuk Barclays Asia Trophy itu akan dihelat di National Stadium, Kallang. Arsene Wenger selaku manajer Arsenal sangat antusias menyambut turnamen mini tersebut. Meski perjalanan dari London ke Singapura lumayan melelahkan, Wenger yakin akan ada sisi positif yang bisa diambil dari tur Asia mereka. ”Kehadiran kami di Singapura merupakan pengalaman yang menarik. Tur ini akan memberikan dampak positif. Kendalanya memang hanya satu, perjalanan yang jauh dan melelahkan,” tutur Wenger.

Klub Jerman Bayern Muenchen dan Borussia Dortmund juga memilih Asia sebagai salah satu tujuan tur musim panas mereka. Dortmund memilih Jepang dan Malaysia, sementara Bayern fokus menggelar tur Asia mereka di Tiongkok. (ren/bas/mio)

Tinggalkan Balasan