Pantau Penggunaan GTO

[tie_list type=”minus”]Polisi Koordinasi dengan Bina Marga[/tie_list]

CILEUNYI – Adanya Gerbang Tol Otomatis (GTO) yang diberlakukan untuk pembayaran elektronik, perlu diperhatikan dengan serius.

Pantauan Soreang Ekspres (Grup Bandung Ekspres) di pintu masuk Tol Cileunyi, banyak pengemudi yang tidak memiliki kartu GTO namun masuk ke loket tersebut. Akibatnya, pengemudi tersebut harus memundurkan kembali kendaraanya dan kembali masuk lewat loket pembayaran non GTO. Hal tersebut sempat membuat arus kendaraan tersendat karena banyak mobil yang bertumpuk.

Pantau GTO Tol Buah Batu- bandung ekspres
INTAN WISI/ JOB/ BANDUNG EKSPRESTAK OPTIMAL: Belum banyak pengguna yang menggunakan Gerbang Tol Otomatis (GTO) di Gerbang Tol Buah Batu, Kota Bandung, Senin (6/7).

Kapolres Bandung AKBP Erwin Kurniawan mengatakan, pemberlakuan GTO dalam situasi normal akan efektif. Namun, memasuki H-7 LEbaran, arus lalin akan mengalami peningkatan. ’’Jika GTO tetap diberlakukan, di khawatirkan kendaraan akan menumpuk dan menyebabkan kemacetan yang panjang,’’ tegas Erwin kepada wartawan kemarin (10/7).

Menurutnya, pemberlakuan GTO saat memasuki arus mudik jelas akan banyak memakan waktu bagi para pemudik dalam pembayaran tol. Apalagi jika memang ada pengendara yang tidak mengetahui fungsi GTO tersebut. ’’Barusan juga terlihat ada beberapa pengendara yang akan keluar dan masuk gerbang tol memasuki loket GTO. Dikarenakan si pengemudi tidak memiliki kartu GTO, pengemudi terpaksa memundurkan kembali kendaraannya dan masuk ke loket yang non GTO,’’ jelasnya.

Menanggapi permasalah tersebut, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak Bina Marga. ’’Alhamdulillah respons dari Bina Marga baik, dan mudah-mudan kondisi kemacetan tidak terjadi di gerbang Tol Cileunyi,’’ harapnya.

Mengenai arus lulintas H -7, Erwin menjelaskan, saat ini arus mengalami peningkatan. Namun, peningkatan volume kendaraan tersebut tidak mengakibatkan terjadinya kemacetan. ’’Petugas di lapangan yang bertugas yakni tim pengurai kemacetan, siap siaga di lapangan guna mengurai kemacetan,’’ ucapnya.

Menurutnya, arus lalu lintas saat ini masih normal. Pasalnya, libur sekolah baru dimulai pada 15 Juli nanti. ’’Peningkatan arus lalu lintas sendiri diperkirakan akan terjadi pada tanggal 14, 15, 16 Juli nanti. Para pengemudi diimbau untuk tertib lalu lintas,’’ terangnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan