Turan Bisa Warisi Jersey Xavi

ARDA Turan memang belum diperkenalkan secara resmi oleh Barcelona. Namun, media Spanyol sudah memunculkan rumor soal jersey dan nomor yang bakal dikenakan pemain timnas Turki itu. Ketika masih membela Atletico Madrid, Turan biasa mengenakan kostum nomor punggung 10. Namun, dia tak akan bisa mengenakannya di Barcelona. Sebab, nomor sepuluh sudah menjadi milik superstar mereka, Lionel Messi.

Turan juga biasa mengenakan kostum nomor 14 selama membela timnas Turki. Nomor ini pun sudah ada pemiliknya di Camp Nou (markas Barcelona). Yakni, Javier Mascherano.

Nah, opsi yang paling memungkinkan adalah, memakai nomor punggung dari pemain yang tak lagi membela Barcelona. Ada beberapa pilihan. Diantaranya nomor dua milik bek Martin Montoya yang kini membela Inter Milan, atau nomor punggung enam milik Xavi Hernandez. Dari posisi yang ditempati Turan, jersey dan nomor punggung Xavi lebih realistis untuk dikenakan. Apalagi, kehadiran Turan memang diplot untuk menggantikan peran Xavi yang kini bermain di Qatar bersama Al Sadd.

Apakah ini artinya Turan bakal menjadi cadangan – Kemungkinan itu bisa saja terjadi. Pasalnya, saat ini Luis Enrique selaku pelatih Barcelona sudah nyetel dengan komposisi lini tengah yang diisi Sergio Busquets, Andres Iniesta, dan Ivan Rakitic. Selain itu, embargo transfer membuat Turan tak bisa membuat debut di awal musim. Dia baru bisa membela Barca pada pertengahan musim, atau pada Januari 2016 saat Barca telah menuntaskan masa embargonya.

Lalu, kemana Turan selama enam bulan pertama bersama Barcelona – Media Spanyol mengabarkan, bahwa manajemen Barca punya rencana untuk meminjamkan Turan ke Paris Saint-Germain (PSG) selama setengah musim. ”Dia akan kembali pada Januari 2016, saat semuanya (masa embargo transfer) tuntas,” demikian ulasan yang disampaikan Mundo Deportivo.

Selain PSG, Chelsea kabarnya juga bersedia menampung Turan untuk sementara waktu. Sinyal itu muncul setelah Diego Costa, bomber Chelsea yang juga mantan kolega Turan di Atletico, menyatakan kegembiraannya soal rencana klub mendatangkan Turan.

”Arda (Turan) adalah teman yang menyenangkan. Dia sering mengundangku ke rumahnya. Saya sungguh menyukai kebab bikinannya,” papar Costa kepada Daily Mail.

Tinggalkan Balasan