oleh

Selangkah Lagi Miliki Pembalap F1

PEMBALAP GP2 asal Indonesia Rio Haryanto, kembali mengharumkan nama Indonesia. Pemuda kelahiran Solo, 22, Januari 1993 itu memenangi sprint race di Sirkuit Silverstone, Inggris, Minggu (5/7). Podium juara seri kelima itu adalah kemenangan ketiga yang diraih Rio di GP2 Series 2015.

Dua kemenangan sebelumnya diraihnya pada sprint race di Bahrain seri pertama dan sprint race pada seri keempat di Austria.

Keberhasilan Rio Haryanto mengibarkan Merah-Putih di ajang GP2 mendapat apresiasi dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi. ’’Mampu mengibarkan Merah Putih dan mengumandangkan lagu Indonesia Raya untuk ketiga kalinya musim ini merupakan pencapaian yang luar biasa bagi Rio. Mudah-mudahan prestasi terbaik kembali diraih Rio pada lima seri kedepan. Sepertinya, Indonesia memang sudah semakin dekat untuk memiliki pembalap yang dapat berlaga di ajang balap paling bergengsi, F1,’’ ujar Imam.

Bergabung dengan Tim Campos Racing, Rio memang tampil bersinar musim ini. Dia menunjukkan grafik yang melonjak dibanding pada dua musim balapan GP2 yang dilakoni sebelumnya.

Dari lima seri GP2 yang sudah berlangsung, Rio hanya gagal meraih poin di Monako. Dalam empat seri lainnya, di mana tiap seri terdiri atas dua race, dia selalu berhasil mencetak angka.

Bahkan sudah empat kali naik podium dan tiga kali juara. Pada klasemen sementara paruh musin, dia kini menduduki peringkat ketiga dengan 91 poin, di bawah Stoffel Vandoorne (170 poin) dan Alexander Rossi (105 poin).

’’Masih ada lima seri balapan GP 2 musin ini. Kita harapkan Rio terus tampil konsisten dalam perjuangannya meraih hasil terbaik dan terus memperbaiki peringkat. Kita doakan semoga kemampuannya yang luar biasa selalu diiringi dukungan teknis dan faktor luck yang menjadi bagian yang tak terpisahkan dan mempengaruhi hasil balapan,’’ tambah Imam.

Menteri asal Bangkalan, Madura ini juga berterimasih kepada para sponsor, terutama BUMN Pertamina, yang hingga saat ini terus memberikan dukungan kepada Rio sehingga bisa tampil di ajang olahraga yang relatif membutuhkan biaya besar ini.

Dia berharap, sponsor tersebut dan perusahaan-perusahaan lain bisa saling bergandengan untuk memberikan support sehingga pembalap terbaik Indonesia ini bisa mewujudkan impiannya tampil di ajang F1 (Formula One).

’’Merupakan sebuah kebanggan jika Indonesia bisa memunculkan pembalap yang tampil di ajang F1. Kini, Rio sudah membuktikan kapasitasnya dan menunjukkan bahwa Indonesia berbicara di kancah balap dunia,’’ tutur Imam.

Seri keenam GP2 2015 akan dilangsungkan di Sirkuit Hungaroring, Hongaria, pada 25-26 Juli mendatang. Kemudian empat seri selanjutnya akan digelar di Belgia, Italia, Rusia dan akan berakhir di Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi pada 28-29 November. (adv/mas/far)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga