BCA Siapkan Rp 38 T Jelang Lebaran

Duit
BEKY SUBECHI / JAWA POS

DISTRIBUSI UANG: Seorang petugas dari perusahaan jasa pengangkutan uang mengatur tumpukan uang dari dengan beberapa pecahan nominal untuk dikirim ke bank-bank sebagai antisipasi meningkatnya kebutuhan masyarakat pada uang pecahan menjelang lebaran mendatang di kantor Bank Indonesia Surabaya, Rabu (17/6).

JAKARTA – PT Bank Central Asia (BCA) Tbk menyiapkan uang tunai Rp 38 triliun untuk kebutuhan Idul Fitri. Dana tersebut disiapkan dua pekan sebelum Lebaran.

Presdir BCA Jahja Setiaatmadja mengungkapkan, dana tunai tahun ini lebih rendah bila dibandingkan dengan dana yang disiapkan perseroan pada tahun lalu sebesar Rp 44 triliun. Sebab, perseroan mempertimbangkan kelebihan pasokan pada tahun lalu. Puncak kebutuhan masyarakat ternyata terjadi pada dua minggu sebelum hari H. Pada tiga pekan sebelum Lebaran, kebutuhan masyarakat relatif belum meningkat signifikan.

”Waktu itu kami siapkan sekitar Rp 44 triliun pada tiga minggu sebelum Lebaran dan ternyata belum ada lonjakan. Makanya, sekarang kami siapkan dua minggu sebelum hari H. Jadi, berdasar evaluasi, tahun ini kami turunkan. Sebab, kami lihat tahun lalu ternyata kelebihan,” kata Jahja akhir pekan lalu.

Dia menyatakan, volume transaksi setiap Lebaran juga selalu naik signifikan jika dibandingkan dengan hari-hari biasa. Bila pada hari biasa volume transaksi melalui e-channel maupun kantor cabang hanya 10-12 juta per hari, menjelang Lebaran diprediksi terjadi peningkatan sekitar 4 juta transaksi hingga menjadi 15-16 juta per hari.

Sementara itu, BCA kembali menanam bibit mangrove di Wringin Putih, Banyuwangi, Rabu (24/6).

”Penanaman bibit mangrove merupakan bagian dari kegiatan HUT Ke-58 BCA. Ini merupakan tindak lanjut dari penanaman pohon yang telah kami laksanakan di ekowisata mangrove di Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta, dan sejumlah wilayah lain,” jelas Kepala Kanwil VII Malang Iwan Senjaya. (dee/c14/agm/rie)

Tinggalkan Balasan