Siapkan 20 Tokoh Nasional

[tie_list type=”minus”]Agenda Masjid Salman Mengisi Ramadan[/tie_list]

MASJID Salman ITB telah mempersiapkan diri untuk mengisi kegiatan selama Ramadan. Mereka akan menghadirkan 20 tokoh nasional untuk berceramah.

Ketua Panitia Persiapan Ramadan Handy Tri Husodo menjelaskan, acara tersebut akan berlangsung pada sore hari menjelang buka puasa. Tujuannya untuk mengisi waktu ashar dengan mendengarkan ceramah dari para tokoh nasional yang memiliki ikatan religius agama yang kuat.

’’Baru ada 13 yang akan hadir, sisanya masih menunggu konfirmasi. Kita mengambil tokoh nasional karena selain belajar soal Islam, juga kita ingin mendengarkan pengalaman mereka selama berkarir dengan didampingi syariat islam,’’ kata dia kepada Bandung Ekspres di Sekretariat P3R, kawasan jalan Ganeca, Bandung belum lama ini.

Tokoh-tokoh nasional yang akan hadir dan dipastikan mengisi ceramah yaitu Ketua Dewan Dakwah Islamiyah (DDII) Adian Husaini, Penulis Buku Api Sejarah Prof Ahmad Mansyur, Ketua MPR RI Periode 1999- 2004 Amin Rais, Mantan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa, Ketua Presidium ICMI Ilham Akbar Habibie, ada pula Ketua MUI Indonesia Din Syamsudin serta beberapa tokoh nasional lain yang akan hadir sebagai penceramah di Masjid Salman.

’’Pak Prabowo masih belum ada konfirmasi. Pak Chairul Tanjung juga belum, kemudian ada pula beberapa tokoh lain yang kami upayakan untuk mengkonfirmasi undangan kami,’’ ujar dia.

Handy menjelaskan, pada enam hari pertama ceramah akan diisi oleh sejarah perkembangan islam. Dari segi persebarannya Indonesia memiliki sistem yang unik, yaitu dengan pendekatan melalui budaya dan kebiasaan yang ada. Hal plusnya, dakwah mengenai persebaran agama Islam itu juga dilakukan oleh tokoh intelektual yang berprestasi, yang mengaplikasikan ajaran dan syariat islam kedalam kehidupan dan berhasil mewujudkannya.

’’Setiap penceramah kita tawari untuk jadi imam tarawih kok, tapi memang tidak semua mau. Baru Pak Amin Rais saja yang mengkonfirmasi (imam sholat tarawih),’’ terang dia.

Selain ceramah di sore hari, akan ada juga buka bersama dan pembagian takjil. Setelah itu akan ada salat maghrib berjamaah. ’’Kita siapkan 1.500 nasi kotak untuk buka bersama di sini,’’ tandas dia. (fie/far)

Tinggalkan Balasan