Tour de Singkarak Tempuh 1.300 Km

[tie_list type=”minus”]

 Total Hadiah TdS 2015 Rp 2,5 Miliar

[/tie_list]

JAKARTA – Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, event sport tourism berskala internasional memiliki nilai bisnis tinggi, dan penyelenggaraannya akan memberikan dampak langsung terhadap peningkatan ekonomi masyarakat.

Hal tersebut dikatakan Arief Yahya kepada wartawan dalam acara jumpa Tour de Singkarak (TdS) VII tahun 2015, bersama Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, dan Chairman TdS Sapta Nirwandar, di Balairung Soesilo Soedarman Kantor Kemenpar kemarin (12/6).

’’TdS sebagai event balap sepeda berskala internasional memberikan dampak ekonomi bagi Sumbar. Mempercepat recovery ekonomi Sumbar pasca-bencana gempa bumi hebat yang terjadi pada September 2009,’’ kata Arief Yahya.

Karena itu, lanjut Arief, TdS telah menjadi kebanggaan masyarakat Sumbar dan Indonesia. Di sisi lain ujarnya, penyelenggaraan TdS telah mengalami peningkatan signifikan baik dari brand image, media coverage dalam memperkenalkan ikon unggulan Sumbar ke masyarakat internasional.

Di tempat yang sama, penggagas TdS Sapta Nirwandar menambahkan, TdS 2015 akan menjadi perhelatan pariwisata dan olahraga paling meriah dimana Kabupaten Pesisir meraih kehormatan sebagai kota grand start.

Selain itu, yang menjadi keistimewaan TdS 2015 adalah besarnya antusiasme tim-tim continental mancanegara. ’’Saat ini sudah lebih 35 tim continental dari Eropa dan Asia yang mengajukan permohonan ikut serta TdS,’’ tegasnya.

Karena itu, Sapta mengajak masyarakat Sumbar dan Indonesia untuk bersama-sama mensukseskan pelaksanaan TdS, terutama para pihak korporat dan BUMN untuk berperan aktif dalam pelaksanaan event serta pembangunan sarana, prasarana dan infrastruktur pariwisata Sumbar yang semakin dicintai oleh masyarakat mancanegara.

Sementara Irwan Prayitno mengungkapkan, perkembangan pesat yang terjadi di TdS I hingga VI. ’’Menyongsong digelarnya TdS 2015, masyarakat Sumbar begitu merasa terhormat bertindak kembali sebagai tuan rumah terbaik untuk seluruh atlit balap sepeda, official media dan seluruh panitia penyelenggara serta wisatawan domestik dan mancanegara yang akan datang,’’ ujar politikus PKS ini.

Dia menambahkan, TdS 2015 digelar pada 3 hingga 11 Oktober 2015 mendatang, sesuai perubahan yang tercantum secara resmi pada UCI Road Calender 2015 Season. ’’Event tahunan internasional ini dihelat Kemenpar bersama pemprov Sumbar dan 19 kabupaten dan kota di Sumbar,’’ terang dia.

Tinggalkan Balasan