Hindari Kutukan Seri

Pelatih berusia 55 tahun tersebut menegaskan tidak ada tekanan berat dalam mental anak asuhnya. Terutama berkaitan dengan target juara Copa America untuk yang kali pertama. ”Kami hanya mencoba untuk menjaga fokus dan menikmati setiap pertandingan dalam Copa America ini,” cetusnya.

Sampaoli mengingatkan over konfiden yang bisa saja membunuh peluangnya merebut juara di depan publiknya sendiri. Apalagi, di kubu lawan, ada Gustavo Quinteros yang jadi bagian Bolivia saat menahan imbang Argentina, empat tahun silam. Artinya, dia punya pengalaman mengatasi tekanan dari tuan rumah.

Dan di tangan Quinteros, Cile hanya sekali mengalahkan Ekuador dari tiga pertemuan di rentang waktu 2010 hingga saat ini. Pada laga uji coba 2012, Ekuador mengalahkan Cile 3-0, dan berlanjut dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona CONMEBOL di tahun yang sama. Cile tumbang 1-3.

Cile hanya bisa membalasnya di kandang sendiri, itu pun dengan kemenangan tipis 2-1. ”Kami sudah cukup tahu bagaimana permainan tim yang diracik Sampaoli,” ungkapnya dalam konferensi pers. Bahkan, Quinteros menegaskan tidak melakukan penjagaan yang khusus kepada Alexis Sanchez, Vidal, ataupun Eduardo Vargas.

Bukan individu pemain yang menjadi kekhawatirannya, melainkan teamwork Cile saat menusuk ke pertahanan timnya. ”Itu karena Cile punya kecepatan dalam transisi antara menyerang dan bertahan, mereka sangat cepat. Kami hanya mencoba untuk menyerang balik mereka,” ulas pelatih berkebangsaan Argentina itu.

Sayangnya, di balik ambisi Ekuador untuk mengakhiri rekor sulit menang pada sembilan laga Copa America terakhirnya ini terhalang dari sisi komposisi tim. Terbaru, salah satu bomber andalan Ekuador, Jaime Ayovi harus tersingkir dari skuad lantaran terkena cedera.

Walaupun bertindak sebagai tim tamu, salah satu gelandang Ekuador, Christian Noboa tidak patah semangat. Dalam pandangannya, bukan Ekuador yang berada di bawah tekanan. ”Sebaliknya, tekanan besar ada di pundak mereka (Cile, Red). Kami datang ke sini untuk menang,” tegas pemain PAOK itu. (ren/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan