oleh

Hanya Perlu Seri, Untuk Memastikan Lolos ke Semifinal

SINGAPURA – Indonesia unggul dengan skor 2-0 atas Filipina dalam pertandingan lanjutan Grup A cabang sepak bola Sea Games 2015 di Stadion Jalan besar di Kallang, Singapura. Dengan hasil itu, Indonesia menempati posisi kedua klasemen sementara Grup A di bawah Myanmar.

Myanmar sendiri saat ini telah mengumpulkan perolehan 9 poin. Sedangkan Indonesia sama dengan Singapura yakni 6, namun unggul selisih gol.

Dengan demikian, dalam pertandingan terakhir Indonesia hanya perlu seri dengan Singapura untuk lolos ke semifinal mendampingi Myanmar. Pertandingan Indonesia versus Singapura dijadwalkan berlangsung pada Kamis (11/6) besok.

Baca Juga:  Jangan Ngabuburit di Rel Kereta Api Kalau Tidak Mau Kena Denda 15 Juta

Pelatih Aji Santoso menepati janji untuk menekan sejak kick off. Terbukti, dari dua gol Indonesia yang disarangkan Evan Dimas Darmono ke gawang Filipina dilesakannya pada menit-menit awal pertandingan. Sedangkan satu gol lagi, dicetak pada menit 13.

Sementara itu, memasuki babak kedua Indonesia terus menekan. Baru 5 menit berjalan, Indonesia layak mendapat gol tambahan. Berawal dari overlapping bek Vava Mario Zagalo yang mengiris sisi kiri pertahanan Filipina, umpannya kepada Dani diteruskan ke Muchlis, namun eksekusi Muchlis tak sempurna sehingga bisa digagalkan bek Filipina yang mengejar dari belakang.

Baca Juga:  Densus 88 Menangkap Munarman Atas Dugaan Menggerakkan Terorisme

Pada menit 65, Evan Dimas digantikan Wawan Febrianto. Dampaknya, permainan Indonesia menurun dan Filipina bangkit menekan. Sejumlah tendangan jarak jauh dari para pemain Filipina mengancam gawang Indonesia.

Puncaknya dua peluang terjadi pada injury time. Mulai berani masuk kotak penalti Indonesia, Paolo Saolenga dengan kepala menyambar umpan lambung Paolo Bugas, beruntung bola jatuh di sisi kiri gawang Teguh.

Semenit kemudian Shirmar Felongco melakukan tendangan salto di depan gawang Indonesia, beruntung kiper Teguh kembali berdiri dalam posisi yang tepat untuk menangkap bola yang dilepas pemain lawan yang telah berdiri begitu bebas. Skor akhir 2-0.

Baca Juga:  DPR Minta Pemda Tindak Warga yang Nekat Mudik

Pelatih Timnas Indonesia SEA Games Aji Santoso mengaku cukup puas. Sebab, anak asuhnya mampu menjalankan instruksi sesuai dengan harapan.” Menekan di menit awal memang sudah saya sampaikan, syukurnya semua berjalan dengan lancar,” katanya kepada wartawan saat konferensi pers usai pertandingan di Stadion Jalan besar di Kallang, Singapura.

Kendati demikian, Aji berharap para pemainnya tetap konsisten saat menghadapi laga pamungkas melawan tuan rumah. ”Draw saja kita sudah lolos. Tapi kalau perlu menang,” sebuntnya lagi. (bbs/asp/hen)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga