PTN Mesti Masuk Top Dunia

BOGOR – Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Muhammad Nasir menargetkan pada 2019 jumlah perguruan tinggi Indonesia masuk dalam perguruan top dunia bertambah menyusul Universitas Indonesia dan Institut Teknologi Bandung yang sudah menempati peringkat 300 dan 400.

Universitas Indonesia
ISTIMEWA

TAMAN KAMPUS: Mahasiswa Universitas Indonesia sedang berjalan mengitari
taman. UI menjadi salah satu kampus terbaik di dunia bersama dengan ITB.

’’Kita mendorong perguruan tinggi Indonesia masuk top dunia. Saat ini sudah ada UI dan ITB di peringkat 300 dan 400, lalu UGM dan IPB di peringkat 500 dan 600 menyusul Universitas Airlangga di peringkat 700 ke bawah. Kita akan tingkatkan lagi jumlahnya,” kata dia, Minggu (7/6).

Dia mendorong Universitas Gajah Mada, Institut Pertanian Bogor, dan Universitas Airlangga bisa masuk dalam peringkat 500 dengan upaya memberikan insentif kepada masing-masing PTN sebagai modal mengembangkan kampus.

Selain itu, perguruan tinggi didorong untuk meningkatkan jumlah publikasi baik nasional maupun internasional, dan mengundang pengajar dari luar untuk berbagi ilmu.

Dia mengatakan, sejak 2000 jumlah perguruan tinggi Indonesia yang masuk daftar perguruan tinggi top dunia menurun.

Jumlah itu terus menurun setiap tahun, dari enam, menjadi empat dan menjadi dua. Saat ini hanya ada dua perguruan tinggi yang berada di peringkat 300 dan 400. Dua lainnya berada di urutan 500. (ant/vil)

Tinggalkan Balasan