Targetkan 10 Juni Tol Cipali Beroperasi

CIREBON – Proses pembangunan proyek jalur tol Cikampek-Palimanan (Cipali) ditargetkan 10 Juni selesai. Setelahnya tol Cipali bisa beroprasi untuk digunakan untuk jalur mudik Lebaran Idul Fitri.

Tol Cipali
ISTIMEWA

SEMPURNA: Mobil rombongan Kementeri PU melintas saat survai Tol Cikapali belum lama ini.

Pihaknya optimis tol Cipali akan segera bisa digunakan untuk jalur mudik. Selain tol, pihaknya juga survei persiapan pengamanan arus mudik maupun arus balik yang diprediksi sekitar 40 persen kendaraan roda empat akan melewati tol Cipali tersebut.

”Secara umum sudah siap digunakan. Paling ada kekurangan, hanya jalan jembatan yang sebagian belum diaspal. Kemudian rambu-rambu dan bahu jalan sebagian belum selesai. Tapi awal Juni akan diselesaikan semua. Dan pada 10 Juni, semuanya rampung dan siap dilalui untuk arus mudik,” tuturnya usai melakukan survei di pintu masuk tol Cipali belum lama ini.

Menurutnya, proses uji layak fungsi dilakukan secara bertahap. Karena ruas tol tersebut memiliki total panjang mencapai 116 kilometer. Sehingga proses uji kelayakan tidak dapat dilakukan dalam satu tahapan. Proses uji kelayakan sendiri dilakukan untuk memastikan fasilitas dan pelayanan ruas tol tersebut telah memenuhi standar keselamatan, kenyamanan dan keamanan yang telah ditetapkan pemerintah sebelum dioperasikan secara komersil. ”Awal bulan Juni kalau tidak ada hambatan pada pertengahan bulan Juni atau tepatnya sebelum bulan puasa, ruas tersebut sudah bisa dioperasikan,” tuturnya lagi. (jpnn/fik)

Tinggalkan Balasan