Satpol PP Tertibkan 45 PKL Nakal

[tie_list type=”minus”]Dianggap Potensi Ketertiban Lalu Lintas Jalan Raya[/tie_list]

MAJALAYA – Sekitar 17 Personil Jajaran Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kecamatan Majalaya, kembali menggelar penertiban para Pedagang Kaki Lima (PKL) liar.

Hasilnya, 45 PKL ditertibkan karena dengan sengaja telah berjualan di badan jalan. ’’Para PKL ditertibkan karena dapat berpotensi mengganggu ketertiban lalu lintas jalan raya,’’ ungkap Kepala Satpo PP Kabupaten Bandung Drs. Usman Sayogi JB melalui Kanit Kecamatan Majalaya Dedi Ahmadi kepada Soreang Ekspres (Grup Bandung Ekspres) saat ditemui di Jalan Tengah Majalaya kemarin (3/6).

Dedi mengatakan, ada beberapa titik lokasi terlarang yang sering digunakan PKL untuk berdagang. Yakni jalur Jalur Timur, Jalur Gaza, dan Jalan tengan Majalaya. ’’Mereka berjualan dengan menggelar tikar di jalan yang berada di depan alun-alun. Mereka jumlahnya sekitar 25 PKL. Sementara yang berjualan menggunakan meja sekira 20 PKL yang berlokasi di Pasar baru,’’ tambah dia.

Sebetulnya, kata Dedi, mereka yang terkena razia sudah punya kios di pasar. Mereka berjualan di jalan dengan alasan barang dagangan tidak laku dan sepi. Padahal, menjelang Ramadan nanti, tidak ada pasar Ramadan. ’’Nanti digiring dan akan menggunakan pasar bekas kantor Kecamatan yang digunakan kios saat ini,’’ tuturnya.

Penertiban kali ini, kata Dedi, merupakan salah satu langkah gertakan kepada PKL yang membandel, karena disinyalir ada pihak ketiga yang mendorong untuk melakukan jualan di lokasi itu.

Menurut Dedi, para PKL berjualan sudah berlangsung sejak dua hari lalu. Adapun solusi pemerintah setempat, yakni menempatkan para PKL supaya masuk ke dalam kios yang telah disediakan. ’’Kami memberikan teguran langsung, supaya mereka sadara,’’ tegasnya.

Disinggung soal parkir konsumen, Dedi menjelaskan, pihaknya telah berkoordinasi dengan pemilik toko supaya penempatan parkir naik ke teras toko masing-masing. Agar tidak ada yang parkir di badan jalan dan juga trotoar.

Untuk langkah selanjutnya, kata dia, pihaknya akan mengadakan kerja sama dengan Kades Majalaya. ’’Rencananya, besok kita akan menggelar patroli kembali dengan Pol PP tingkat kabupaten,’’ tukas dia. (aku/far)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan