BIP Ekplorasi Komunitas Bandung

BANDUNG WETAN – Predikat Bandung World Book Capital atau Bandung Kota Buku Sejagat ditargetkan terwujud pada 2017 mendatang. Untuk membantu mewujudkannya, Kantor Pusat Arsip dan Perpustakaan Daerah (Kapusarda) Kota Bandung melakukan banyak kegiatan. Pasalnya, banyak masyarakat yang belum menyadari peristiwa dan kegiatan literasi.

Pekan Literasi BIP Mall
ISTIMEWA

UNTUK JUARA: Berderet sejumlah piala yang diberikan untuk para pemenang dalam acara pekan literasi di BIP mall.

Oleh karena itu, Bandung Indah Plaza (BIP) turut serta membangun Kota Bandung sebagai Kota Buku. Hal ini untuk membangun kesadaran masyarakat dalam gerakan literasi. Selama tiga hari (27-29 Mei), berbagai komunitas di bawah dan di dalam link koordinasi Infinity menyelenggarakan pekan literasi yang bertajuk From Bandung Through The World. Acara ini bekerjasama dengan BIP dan Kapusarda Kota Bandung.

Selain untuk memberi input kesadaran berliterasi, acara ini juga untuk menyosialisasikan sebuah program inovasi Kapusarda, yakni Library in The Box. Lantai 3 BIP mall dipilih sebagai venue. Dibuk dengan perayaan World Multiple Sklerosis Day bersama Persatuan Dokter Spesialis Syaraf (Perdosi) dan Yayasan MSI. Perayaan ini dimotori oleh pendirinya, Kanya Puspokusumo, yang pada hari yang sama meluncurkan komik sosialisasi. Komik ini mengupas tentang gangguan MS yang sempat diderita oleh almarhum artis Pepeng Ferrasta.

Hari kedua, mengusung tema lingkungan dan sekaligus me-launching kerjasama program My Bag dan aktivasi buku pendidikan anak oleh Komunitas GSSI. Peluncurannya dipimpin oleh Tini MF, pengelola Library in the Box di Taman Tongkeng yang dinamakan Out of the Book. Sedangkan, hari ketiga merupakan puncak acara sekaligus peresmian program Cinta Baca. Program aktivasi budaya baca ini didesain oleh Muliani Herman Infinity team yang dipimpin oleh Tesa Samantha bersama Neti dari Kapusarda Kota Bandung.

Program ini melahirkan duta baca komunitas dan dimeriahkan oleh lomba bercerita My Favorite Book memperebutkan piala dari Kapusarda kota Bandung dan hadiah dari Penerbit Erlangga. Sekaligus menampilkan bedah buku Parenting yang berjudul Time Out For Parenting bersama penulisnya langsung dr. Zulaeha Hidayati. Bedah buku sendiri dihadiri anggota komunitas Rumah Parenting dan berbagai acara lainnya dimeriahkan oleh Komunitas BSC (Bandung Share to Care).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan