Gunung Halu – Cipongkor Minim Lulusan SMA

Namun, lanjut dia, untuk buku pelajaran, itu ditanggung oleh pemerintah. ”Ada beberapa yang menjadi tanggung jawab sendiri seperti untuk membeli seragam,” tutur dia.

Menurutnya, biaya yang harus dikeluarkan jika bersekolah di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) memang lebih mahal. Sebab, ada beberapa hal yang tidak bisa ditanggung oleh pemerintah. Seperti, kegiatan pembelajaran yang berkaitan dengan dunia usaha (praktik), itu tidak termasuk dalam operasional sekolah. ”Kalau yang SMA, bisalah kita bantu,” tutur dia.

Namun, Hasanudin mengaku, wilayah selatan Bandung Barat seperti Kecamatan Gunung Halu dan Cipongkor memang menjadi yang paling rendah tingkat partisipasinya dalam mengikuti pendidikan SMA dan sederajat. ”Betul masih rendah memang,” tutur dia.

Menurut dia, hal itu karena letak geografis di wilayah selatan Bandung Barat banyak dipenuhi perbukitan sehingga menyulitkan akses mereka ke sekolah. Jarak tempuhnya, lanjut dia, kadang sampai satu hingga dua kilometer. ”Apalagi di selatan (gunung halu) terkadang jalan yang jauh mengakibatkan tingginya ongkos yang harus dikeluarkan,” bebernya. (drx/rie)

Tinggalkan Balasan