Kian Terjal Menuju Final

[tie_list type=”minus”]Kans Hadapi Tiongkok di Semifinal[/tie_list]

DONGGUAN – Tim Indonesia menuai hasil manis pada laga penentuan juara grup 1C Piala Sudirman 2015. Bertempat di Stadion Dongguan Basketball Center, Tiongkok, tim Merah Putih sukses menekuk Denmark 3-2 Rabu (13/5).

Nyaris sama dengan poin kemenangan yang diraih dari Inggris di laga perdana, Indonesia unggul di partai ganda putra, tunggal putri, dan ganda putri. Sementara itu, tunggal putra dan ganda campuran kembali belum mampu menyumbangkan poin.

Indonesia menurunkan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan di ganda putra. Mereka menang rubber game, 21-23, 21-16, 21-12, atas Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen.

Keunggulan Indonesia bertambah melalui tunggal putri. Bellaetrix Manuputty dipasang untuk menggantikan Lindaweni Fanetri. Bella “sapaan Bellaetrix Manuputty” menjawab kepercayaan dengan menumbangkan Line Kjaersfeldt, 21-15, 21-18.

Perubahan skuad juga terjadi di tunggal putra. Firman Abdul Kholik menggantikan Jonatan Christie. Firman menghadapi tunggal terbaik Denmark Jan Ostergaard Jorgensen. Hasilnya, Firman menyerah 8-21, 10-21.

”Saya memang kalah pengalaman dari Jorgensen. Tetapi, hal tersebut menjadi keuntungan bagi saya karena saya bisa belajar banyak dari permainan dia,” ujar Firman selepas pertandingan.

Namun, ganda putri Nitya Krishinda Maheswari/Greysia Polii mampu memastikan kemenangan bagi Indonesia. Mereka unggul melalui dua set langsung, 21-16, 21-13, atas Maiken Fruergaard/Maria Helsbol. Di pertandingan yang tak lagi menentukan, ganda campuran Praveen Jordan/Debby Susanto kalah oleh Mads Pieler Kolding/Sara Thygesen 21-9, 17-21, 11-21.

Hasil tersebut sudah cukup membawa Indonesia menjadi juara grup 1C. Pada undian perempat final, Indonesia bakal menghadapi runner-up grup 1B Taiwan. Itu sedikit menguntungkan tim Merah Putih. Sebab, kekuatan Taiwan di atas kertas masih di bawah Indonesia.

”Lawan Taiwan berat juga nggak, ringan juga nggak. Tetapi, yang jelas, kami punya peluang ke semifinal. Kami lihat performa para pemain juga mulai membaik dari hari pertama dan kedua, dan saya yakin akan lebih baik lagi di delapan besar,” ujar Manajer Tim Indonesia Rexy Mainaky.

Tinggalkan Balasan