Telkom Pakai 3 C Kembangkan Pendidikan

JAKARTA – Program IndiSchool yang fokus pada penyediaan akses wifi di sekolah-sekolah, hingga saat ini telah terpasang di lebih 23.000 sekolah di seluruh Indonesia. Kini, program tersebut dikembangkan menjadi IndiSchool-SMART (Sistem peMbelajaran dengan Akses Real digiTal), yang tidak lagi berbatas pada connectivity saja namun dikombinasikan dengan penyediaan content dan pengelolaan community.

IndiSchool-SMART
Istimewa

LIHAT APLIKASI: Direktur Enterprise and Business Service Telkom Muhammad Awaluddin memantau pelajar saat menggunakan program IndiSchool-SMART.

’’Telkom sangat concern dalam mendukung dunia pendidikan, mulai dari penyediaan akses konektivitas internet hingga konten aplikasi pendukungnya,’’ ungkap Direktur Enterprise and Business Service Telkom Muhammad Awaluddin, saat launching Implementasi IndiSchool SMART di SMAN 71 Duren Sawit, Jakarta Timur belum lama ini.

Awaluddin menambahkan, konsep 3C menjadi pijakan Telkom dalam mengembangkan dunia pendidikan. Connectivity, yang hingga saat ini telah terpasang di lebih 23.000 dengan aksesibilitas wi-fi hingga 10 MBps per-sekolah. Dalam tempo setahun, jumlah usage dan user semakin meningkat sehingga menuntut Telkom untuk menyediakan Content yang lebih kaya, lebih menarik dan bermanfaat bagi siswa didik.

Selanjutnya, C ketiga berupa Community. Dari penyediaan akses internet, Wi-Fi IndiSchool didukung dengan tarif yang sangat murah hanya Rp. 1.000 per 24 jam, sehingga telah membentuk komunitas pengguna yang menikmati langsung kemudahan dan kenyamanan akses IndiSchool tersebut.

’’Sebagai contoh, selain akses Wi-Fi IndiSchool yang terpasang di sekolah-sekolah, kami juga memasang fasilitas yang sama di perpustakaan daerah bekerjasama dengan Coca-Cola Foundation atau yang dikenal dengan program PerpuSeru, yang hingga saat ini  telah dinikmati 5.043 pelaku komunitas UKM daerah. Apalagi di sekolah-sekolah, jumlah angka komunitas yang menikmati telah mencapai sekitar 1 jutaan orang,’’ terangnya.

Angka usage dan user semakin meningkat seiring dengan semakin banyaknya konten yang disediakan, seperti Zenius aplikasi pembelajaran siswa dan aplikasi bimbingan belajar dari RajaBimbel. Kini, IndiSchool juga diperkaya dengan Buku Sekolah Elektronik (BSE) sehingga siswa didik mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA dapat menikmati langsung materi belajarnya. Selain itu, pihak guru dan pengelola sekolah juga telah menikmati aplikasi SIAPOnline (Sistem Informasi Administrasi Pendaftaran Siswa secara On-line) di lebih 11.000 sekolah. Sistem penerimaan siswa baru saat ini sangat terbantu oleh aplikasi SIAPOnline tersebut.

Tinggalkan Balasan