oleh

Hari Pertama Unas Lancar

[tie_list type=”minus”]Bupati Tinjau Langsung ke SMP Negeri 3 Lembang [/tie_list]

LEMBANG – SMP Islam Nurul Fikri di Desa Cibodas, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) menjadi salah satu sekolah yang menggelar ujian nasional (Unas) berbasis sistem computer base test (CBT) atau Unas online. Kepala SMP Islam Nurul Fikri Dedi Supriyadi mengatakan, hari pertama Unas online di SMP Nurul Fikri berlangsung lancar dan tidak menemui kendala apapun. Siswa terlihat fokus saat melakukan ujian. ”Tidak ada kendala apapun. Alhamdulilah proses ujian nasional di sini berlangsung lancar,” kata Dedi kepada wartawan, kemarin (4/5).

Dua pekan sebelum ujian nasional dimulai, kata Dedi, para siswa telah melakukan simulasi ujian nasional online. Simulasi ini untuk memastikan kesiapan sarana pendukung ujian nasional, seperti komputer, jaringan, dan beberapa hal lain. ”Ujian nasional hari ini sesuai dengan persiapan,” kata dia.

Akses jaringan di sekolah itupun telah disiapkan, sehingga tidak ada kendala terputus atau sebagainya dalam proses berlangsungnya ujian. Selain itu, pihak sekolah juga telah mempersiapkan genset sebagai langkah antisipasi jika listrik padam. ”Genset ini memang sudah ada di sini, ini untuk antisipasi,” ujar dia.

Dia menjelaskan, saat proses ujian, ada dua petugas dari Dinas Pendidikan KBB yang diturunkan ke sekolah tersebut, untuk memantau jalannya ujian nasional. ”Ada juga petugas yang datang dari Ombudsman,” ucap dia.

Pengawas dari luar itu disediakan ruangan khusus di mana mereka memantaunya lewat layar CCTV. ”Kita siapkan ruangan khusus untuk memonitor kelas,” kata dia.

Ada dua kelas yang digunakan sebagai tempat ujian. Ruangan tersebut yakni memang laboratorium komputer yang telah menjadi fasilitas sekolah. Tiap ruang, terdapat 35 komputer.

Seluruh peserta didik dalam ujian tersebut, yakni 89 siswa, yang 37 di antaranya adalah siswi. Pembagian pelaksanaan ujian di tiap ruangan tersebut dilakukan dalam dua sesi. Sesi pertama dimulai dari pukul 8:00 pagi sampai 10:00 pagi, dan sesi kedua dari jam 10:00 pagi sampai jam 12:00 siang.

Di tempat berbeda, Bupati Bandung Barat Abubakar meninjau langsung pelaksanaan hari pertama Unas di SMPN 3 Lembang, Kecamatan Lembang, kemarin. Orang nomor satu di kabupaten Bandung Barat ini hanya bisa mengamati dari luar ruang kelas yang dijadikan tempat pelaksanaan Unas.

Pada kesempatan itu, Aubakar meminta penjelasan pelaksanaan Unas SMP pada Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) KBB Agustin Piryanti. ”Alhamdulillah hari pertama UN berjalan aman dan lancar. Saya belum menerima laporan dari (Disdikpora) Kabupaten Bandung Barat adanya hambatan,” kata Bupati Abubakar.

Unas tingkat SMP di Bandung Barat diikuti 27.790 siswa. Terdiri dari siswa SMP Negeri dan swasta sebanyak 18.973 orang, MTs 7.422 siswa, paket B 703 orang, dan wustha 692 orang. ”Pelaksanaan Unas SMP saya lihat semakin baik. Naskah soal jauh lebih cepat diterima dibandingkan saat SMA lalu. Begitupun dengan anak didik terlihat lebih siap secara psikologis,” kata bupati.

Menurutnya, Unas dilaksanakan dengan maksud untuk menilai pencapaian standar kompetensi lulusan secara nasional pada mata pelajaran tertentu. ”Dengan mengikuti Unas untuk melihat kemampuan siswa sejauh mana dalam menghadapi pelajaran yang diujikan,” tandasnya. (drx/fik)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga