5 Titik Tol Cipali Belum Rampung

PURWAKARTA – Kapolda Jabar Irjen Pol Drs Moch Iriawan SH MM MH berkunjung ke Pos Polisi Cikopo Kabupaten Purwakarta untuk mengecek kesiapan kondisi Tol Cikampek Palimanan (Cipali), belum lama ini.

Di luar prediksi, Kapolda Iriawan datang ke Purwakarta menggunakan jalur darat. Kapolda keluar melalui Pintu Tol Cikopo menggunakan kendaraa rangers dikawal sejumlah petugas Polda. Irjen Iriawan langsung memasuki ruas Tol Cipali dan melakukan pengecekan kondisi terkini pembangunan fisiknya.

Sebelumnya heli milik Polda Jabar sudah berkeliling memutari langit Purwakarta. Beberapa anggapan mengarah, Kapolda datang menggunakan heli tersebut. Namun, setelah heli mendarat tidak membawa Kapolda Iriawan di dalamnya.

Kapolda Iriawan tidak sempat memberikan keterangan pers kepada sejumlah awak media yang sudah menunggu sejak pagi hari. Dikabarkanm, Kapolda Jabar langsung berangkat ke Cirebon menggunakan Tol Cipali bersama sejumlah petugas kepolisian.

Kasatlantas Polres Purwakarta AKP Aziz Saripudin menjelaskan, setelah dilakukan survei ke Tol Cikapali, ada lima titik di wilayah hukum Purwakarta yang masih dalam tahap pembangunan. Di antaranya Jembatan Cinangka, ruas jalan wilayah Ciherang, Jembatan Ciherang, Cilamaya, dan Transit Tol Cikapali.

”Dilihat secara fisik, Tol Cipali sepertinya belum bisa digunakan pada Juni sebagai targetan proyek Tol Trans Jawa ini selesai. Begitu juga Tol Cipali ini dianggap belum bisa 100 persen selesai pada momen arus mudik dan balik lebaran 2015,” jelas AKP Aziz kepada sejumlah awak media.

Tetapi, sejauh ini pihak pengembang proyek, dalam hal ini PT Lintas Marga Sedaya menargetkan, proyek Tol Cipali bisa selesai sebelum operasi ketupat. Pantauan Pasundan Ekspres, di sepanjang ruas Tol Cipali belum terdapat rest area dan fasilitas SPBU. Begitu juga, sepanjang ruas Tol Cipali belum dilengkapi dengan sarana penerangan jalan. Hal ini dianggap rawan kecelakaan, mengingat, Tol Trans Jawa ini memiliki rute yang sangat panjang dan menembus kabupaten besar di Jawa Barat.

”Jika pengguna jalan ingin menggunakan Tol Cipali harus menghitungkan BBM. Sudah pasti kita lakukan pengamanan di titik rawan kemacetan dan kecelakaan. Khususnya di lima titik yang masuk wilayah hukum Purwakarta. Sejauh ini ada satu jembatan yang masih dalam pengerjaan. Yaitu Jembatan Ciherang, belum diselesaikan namun pemasangan besi sudah dilakukan,” papar AKP Aziz. (jpnn/fik)

Tinggalkan Balasan