OPD Harus Tingkatkan Pelayanan Publik

COBLONG – Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Wakil Gubernur Deddy Mizwar menginginkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) memiliki target dalam meningkatkan pelayanan publik. Menurutnya, target pelayanan publik merupakan orientasi yang memiliki tujuan atau goal untuk kepuasan masyarakat.

Deddy Mizwar Wakil Gubernur Jabar
Deddy Mizwar
Wakil Gubernur Jabar

”Jadi saya ingin ada goal-nya. Itu baru namanya program yang benar,” jelas Deddy usai menutup secara resmi acara Pemantapan Program Kerja Tahun 2016 di Ciater Subang kemarin malam (28/4).

Selain itu, kata dia, dalam merancang sebuah program juga harus fokus pada result dan goal-nya untuk masyarakat. Sebab birokrasi ada untuk membatu dan melayani masyarakat.

Deddy mencontohkan, untuk penertiban kawasan Bandung Utara (KBU), Citarum Bestari, Program Pengadaan Puskesmas, Ruang Kelas Belajar Baru (RKB) atau Mencetak 100 Ribu Wirausaha Baru, harus memiliki output yang jelas. ”Bagaimana rincian programnya dan goal-nya mau seperti apa, targetnya gimana,” ujar dia.

Deddy percaya untuk seluruh OPD dan biro-biro di lingkungan Pemprov Jabar dapat menerjemahkan dan melaksanakan program tersebut dengan baik.

Untuk itu, imbuh dia, kalau program sudah berjalan dirinya menginginkan agar bisa mempertahankan dan meningkatkan dengan kreativitas dan ide-ide program lainnya.

”Jadi intinya saya tekankan goal-nya hanya untuk masyarakat bukan saja hanya selesai memberikan laporan pertanggungjawaban keuangan saja,” tandas Deddy. (yan/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan