Teknologi eSP lebih Menguntungkan

[tie_list type=”minus”]Diaplikasikan Skuter Matic Honda [/tie_list]

esp honda
ISTIMEWA

TERBARU: Seorang model menunjukkan skuter matic Honda Beat yang menggunakan mesin teknologi eSP. Teknologi ini membuat sepeda motor lebih awet dan tahan lama.

TEKNOLGI Enhanced Smart Power (eSP) yang digunakan skuter matic Honda merupakan teknologi terbaru. ”Teknologi eSP akan menambah efisiensi pembakaran dan mereduksi energi terbuang. Dengan teknologi ini, maka motor matik Honda akan menghasilkan efisiensi bahan bakar dan performa kendaraan yang tinggi pada saat berkendara,” ujar Asisten Manager Training Developmen PT DAM, Ade Rohman pada Bandung Ekspres di kantornya, Jalan Raya Cibeureum, Cimahi, belum lama ini.

Dia mengatakan, teknologi eSP memiliki beberapa komponen guna memanjakan konsumen. Di antaranya, ACG Starter merupakan komponen teknologi yang berfungsi untuk mengurangi gesekan. Sehingga menghidupkan mesin lebih halus tanpa suara sekaligus mendukung fungsi fitur ISS (Idling Stop System). Ada juga offset cylinder berfungsi untuk mengurangi gesekan antara piston dan silinder dengan mengatur ulang posisi silinder dan crankshaft.

Dia menambahkan, roller type rocker arm menggunakan shell type needle bearing sebagai poros sehingga dapat mengurangi gesekan dan mengurangi beban pegas katup. Ada pula spinny sleeve tekstur berduri dinding silinder yang menjaga bentuk lingkaran sempurna sehingga dapat mengurangi distorsi dan kerugian akibat gesekan lainnya.

Squish sendiri berfungsi agar pengapian lebih baik dan pembakaran lebih cepat, dan tumble berfungsi guna penyebaran bahan bakar yang merata dan menjadikan pembakaran lebih baik,” kata Ade.

Selain itu, untuk teknologi pendukung mesin eSP yaitu teknologi PGM-FI yang merupakan sistem suplai bahan bakar dengan menggunakan sistem semprot. Sehingga pemakaian bahan bakar lebih efisien dan ramah lingkungan.

Dia menambahkan, teknologi CBS juga pendukung di mesin eSP ini, hanya dengan menarik tuas rem kiri, maka rem belakang dan depan dapat berfungsi dengan optimal dan bersamaan. ”Teknologi ISS juga merupakan pendukung teknologi eSP yang dirancang untuk mengurangi emisi dan konsumsi bahan bakar saat kondisi diam. ISS akan mematikan secara otomatis dan menyalakan mesin kembali hanya dengan memutar  sedikit tuas gas,” paparnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan