DPRD Beri 30 Rekomendasi

[tie_list type=”minus”]Pembahasan Hasil Penelaahan LKPJ Gubernur[/tie_list]
COBLONG – Target Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang tidak tercapai oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat menjadi sorotan bagi Panitia Khusus (Pansus) dalam Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Gubernur Jabar 2014. Anggota Pansus I pembahasan LKPJ Gubernur Jabar 2014, Maman Abdurachman mengatakan, hasil penelaahan tim Pansus menemukan 30 catatan penting yang dibahas.
”Salah satunya mengenai IPM. Jadi, bukan targetnya turun, malah naik dibanding 2012 dan 2013 tapi kenaikannya tidak sesuai dengan target baik dari target RKPD maupun RPJMD,” jelas dia ketika ditemui di DPRD Jabar, kemarin (14/4).
Maman menilai, sebetulnya Pansus menilik lewat indikator salah satunya turunnya angka partisipasi sekolah. Kondisi ini membuat nilai pendidikan menjadi lebih rendah. ‎
”Dan masalah pendidikan ini tidak sesuai dengan yang ditargetkan pemerintah pusat, padahal anggarannya sudah besar,” kata Maman.
Selain itu, untuk Indeks Daya Beli, naik cukup signifikan. Sedangkan untuk kesehatan juga cukup bagus. Namun demikian, berdasarkan data yang diperolehnya, tingkat partisipasi sekolah di Jabar disebabkan karena adanya perubahan sistem penghitungan IPM pusat.
”Apapun itu, hal ini menunjukan angkanya menurun. Kalau SMA menjadi kewenangan provinsi, kita harus lebih serius menangani itu,” ujarnya.
Sementara itu, Ketua Pansus LKPJ Gatot Tjahyono mengatakan, pembahasan mengenai LKPJ 2014 dilakukan oleh Panitia Khusus I DPRD Jabar yang dimulai dari tanggal 5 Maret hingga 10 April 2015.
Menurutnya, ada 30 poin rekomendasi yang diberikan Pansus kepada Pemprov Jabar. Di antaranya mengenai peningkatan IPM, dan peningkatan pendapatan asli daerah.
Selain itu, DPRD juga merekomendasika agar Pemprov segera menyelesaikan pembangunan infrastruktur, seperti sarana dan prasarana PON XIX, pembangunan Bandara BIJB Kertajati, dan beberapa ruas jalan tol.
Menanggapi hal tersebut, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menyatakan, menerima sekaligus akan menindak lanjuti usulan dari DPRD dalam rekomendasi yang diberikan Pansus kepadanya.
Aher, panggilan akrabnya, mengakui sebagai manusia biasa kekurangan dan kelibihan pasti akan ada. Namun dirinya akan tetap memperbaiki kekurangan tersebut dan akan menindaaklanjuti hasil dari rekomendasi DPRD Jabar mengenai LKPJ.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan