Daerah Pemilik Integritas Tinggi

JAKARTA–Kementerian Pendidikan Dasar & Menengah dan Kebudayaan melansir sejumlah daerah yang indeks integritas ujian nasionalnya sejak 2010-2014 di atas 90.

Menteri Dikdasmenbud Anies Baswedan mengatakan, berdasar kajian, ada 52 kabupaten/kota yang integritas UN di atas 90. Integritas tertinggi ada di wilayah DKI Jakarta dan Jogjakarta.’’Jakarta dan Jogjakarta integritasnya paling tinggi karena seluruh wilayahnya nilai integritasnya di atas 90,” ujar Anies kepada wartawan di kantornya, kemarin (15/4).

Dia menambahkan, indeks integritas mengukur kejujuran sekolah saat melaksanakan UN. Nilai 90 artinya, sebanyak 90 persen sekolah di kab/kota melaksanakan UN dengan jujur. Sisanya, masih ada siswa yang melaksanakan pola kerja sama sebanyak 10 persen. ’’Makin tinggi indeks makin jujur sekolahnya melaksanakan UN,” sahutnya.

Adapun kabupaten/kota itu adalah Kabupaten Lingga, Kota Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Utara, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Sukabumi dan Kota Bogor. Ada pula Kota Cimahi, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Blora, Kabupaten Cilacap, Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Kebumen, Kabupaten Klaten dan Kabupaten Magelang.

Selain itu, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Purworejo, Kabupaten Rembang, Kabupaten Semarang, Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Temanggung, Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Wonosobo, Kota Magelang.

Di wilayah tengah dan timur Indonesia ada Kabupaten Lombok Utara, Kabupaten Ende, Kabupaten Flores Timur, Kabupaten Lembata, Kabupaten Sikka, Kabupaten Banggai Laut, Kabupaten Kolaka Timur, Kabupaten Konawe Kepulauan dan Kabupaten Monokwari Selatan.

Selain itu, ada pula Kabupaten Pegunungan Arfak, Kabupaten Dogiyai, Kabupaten Intan Jaya, Kabupaten Memberamo Raya, Kabupaten Membramo Tengah, Kabupaten Nduga serta Kabupaten Puncak. (esy/vil)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.