oleh

Darah di PMI Overstock

BANDUNG WETAN – Stok darah di PMI Kota Bandung melebihi kapasitas. Saat ini PMI menyimpan sekitar 5.500 labu yang didapat dari pendonor di April.

STOK DARAH PMI
Ilustrasi/jpphoto

BERLIMPAH: Seorang petugas PMI menunjukkan stok darah yang ada di PMI. Khusus di Bandung, ketersediaan melebihi kuota.

Menurut Kepala Seksi Playanan Darah PMI Kota Bandung, dr Yeni, permintaan darah di Kota Bandung rata-rata per bulan hanya 700 labu. Sedangkan untuk angka aman, PMI harus menyimpan 2.500 labu per bulannya. ’’Stok darah saat ini sangat aman, bisa dikatakan overstock,’’ ujarnya.

Untuk menanggulangi kelebihan tersebut, PMI bahkan memasarkan stok darah ke kota-kota yang berada disekitar Bandung, seperti Cianjur, Sukabumi, dan Garut. Namun upaya tersebut kurang berjalan lancar karena PMI di sekitar Kota Bandung juga memiliki stok melebihi kapasitas.

Namun dia mengingatkan, stok darah yang dimiliki PMI saat ini adalah stock untuk April. ’’Darah kan setiap 30 hari expired,’’ terang dia.

Untuk bulan depan, Yeni tidak berani menjamin stok darah akan kembali berlebihan seperti bulan ini. Dia bahkan khawatir Kota Bandung akan kekurangan stok darah di bulan puasa.

Untuk ditetahui, PMI umumnya kerap mengalami kekurangan stok darah. Kondisi tersebut tersebut biasanya terjadi pada saat puasa seiring tingginya angka kecelakaan. (mg7/rie)

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga