Siasati Cerdas Ruangan Tamu

[tie_list type=”minus”]Menjadi Peran Penting di Rumah [/tie_list]

Bandung – Ruang tamu merupakan salah satu bagian penting di rumah. Tidak sekedar menerima tamu, tapi penggunaan ruangan tersebut bisa dijadikan ajang berkumpul bersama keluarga.

Meski demikian, tidak semua pemilik rumah memiliki ruang besar. Beberapa di antaranya memiliki ruang tamu dengan ukuran minimalis. Namun, tidak menghilangkan rasa nyaman.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan ruangan tamu agar bisa tetap nyaman. Salah satu syaratnya, memang ditata sesuai dengan gaya desain rumahnya.

Mau tidak mau, ini menjadi syarat penting karena ruang tamu menjadi penentu dan kesan pertama dari penilaian rumah secara keseluruhan.

”konsep simpel dan sederhana pada ruang tamu. Meminimaliskan barang-barang yang tidak begitu diperlukan, tapi jangan sampai menyingkirkan meja dari ruangan ini. Dengan tidak adanya meja pada ruang tamu malah membuat ruangan menjadi tidak fungsional,” ujar Direktur Art Deco, Soenyali Soly kepada Bandung Ekspres belum lama ini.

Dia mengatakan, menghias ruang tamu dengan lukisan dinding atau benda seni lainnya dapat memperindah ruang. Tapi, jangan suguhkan terlalu banyak hiasan pada ruang tamu. Banyaknya pajangan malah membuat ruangan terasa sempit dan mengganggu kenyamanan tamu.

Selain itu, dapat juga menggunakan karpet pada ruang tamu. Nah, apabila ruang tamu kecil, jangan gunakan karpet yang terlalu besar. Hal ini dapat membuat ruangan terlihat semakin kecil.

Sebaliknya, apabila ruang tamu cukup besar, jangan gunakan karpet yang terlalu kecil. Sebab, dapat membuat ruangan terkesan kosong dan tidak seimbang.

”Setiap ruangan pada ruangan tentunya memerlukan pencahayaan. Untuk ruang tamu hindari penggunaan penerang ruangan yang terlalu terang. Ruangan yang terlalu silau dapat mengganggu kenyaman dari tamu. Berikan pencahayaan yang teduh dan nyaman,” kata Soly.

Dia menambahkan, keseimbangan warna pada ruang tamu merupakan hal yang perlu diperhatikan. Jangan biarkan dinding, sofa, meja, dan kursi memiliki warna yang senada. Hal ini membuat ruangan terkesan kaku. Padukan beberapa warna pada ruangan ini, agar terkesan nyaman dan enak dipandang. (kha/rie)

Tinggalkan Balasan