Temukan Batu Akik ”Oncom”

 Potensi Baru di Kecamatan Cipatat, Cipeundeuy, dan Cikalongwetan

[dropcap]N[/dropcap]GAMPRAH – Dinas Bina Marga Sumber Daya Air, Mineral dan Pertambangan Kabupaten Bandung Barat (KBB) memiliki data baru, bahwa potensi batu akik di Kabupaten Bandung Barat (KBB) ternyata tidak hanya di Desa Tamanjaya, Kecamatan Gununghalu. Namun, sesuai dengan laporan, batu akik yang saat ini digandrungi masyarakat tersebut terdapat juga di Kecamatan Cipatat, Cipeundeuy, dan Cikalongwetan.

Kepala Dinas Bina Marga Sumber Daya Air, Mineral dan Pertambangan KBB Rachmat A. Syafaat membenarkan, potensi batu akik ini belum diketahui seberapa besar nilainya. ”Saat ini, dari pihak kami baru mengkaji untuk batu akik dari Tamanjaya, Kecamatan Gununghalu. Kalau untuk di Cipatat, Cipeundeuy, dan Cikalongwetan baru menerima laporan saja, tapi belum kami cek ke lapangan,” katanya kepada wartawan di Ngamprah, kemarin (7/4).
Menurut dia, batu akik yang saat ini tengah dalam pengkajian di Kecamatan Gununghalu merupakan batu akik berjenis ”Oncom”. Berdasarkan informasi, batu akik Oncom dari Tamanjaya menyabet juara dua pada sebuah kontes yang diselenggarakan di Bandung. Batu akik ini dilepas dengan harga Rp15 juta. ”Saya menyebutnya batu akik itu sudah menjadi harta karun yang bisa dimanfaatkan masyarakat. Hal yang terpenting ketika hendak menambang harus mengikuti prosedur tidak bisa seenaknya,” ujarnya.
Diungkapkan dia, sesuai dengan aturan, bilamana ada bahan berharga seperti emas atau batu akik yang memiliki nilai tinggi ditemukan di lahan milik pribadi, tapi karena termasuk bahan tambang maka penambangannya diatur oleh negara. Setiap kegiatan penambangan apapun wajib mengantongi izin. ”Untuk mengetahui lebih pasti, saya tadi sudah mengontak pak Kades agar memantau dan meneliti potensi nilai dari batu tersebut,” bebernya.
Sementara itu, salah seorang ahli geologi yang juga Sekretaris Kelompok Riset Cekungan Bandung (KRCB) Ir.Sujatmiko pernah mengungkapkan, jenis batu akik yang banyak ditemukan di Gununghalu seperti batu akik Fosil Kayu, batu akik Kaligrafi, batu akik Jasper Panca Warna, batu akik Oncom, batu akik Realgar, dan sebagainya. ”Memang di sana (Gununghalu) sudah banyak orang yang mengetahui bahwa memiliki potensi batu akik yang luar biasa,” bebernya. (drx/fik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.