oleh

PDIP Lakukan Penjaringan Calon

6 Calon Akan Diuji Elektabilitas dan Popularitasnya

[dropcap]B[/dropcap]ALEENDAH – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Bandung siap meramaikan bursa Perebutan kursi kepemimpinan dalam Pilkada Kabupaten Bandung 9 Desember mendatang. Para calon yang terjaring di tingkat Kabupaten itu selanjutnya akan dievaluasi oleh DPD PDIP Jabar dan DPP.

Ketua penjaringan calon Toni Permana mengatakan, PDIP Kabupaten Bandung telah menjaring enam bakal calon kepala daerah sejak Desember 2014 hingga Maret 2015. Setelah dievaluasi, DPD dan DPP nanti, akan ditentukan calon Bupati ataupun Wakil Bupati dari keenam calon yang diajukan untuk diuji tingkat elektabilitas dan popularitasnya.

”Keenam calon dari tingkat Kabupaten ini juga akan bersaing dengan calon-calon lainnya di tingkat Provinsi dan pusat,” katanya kepada Soreang Ekspres, di Kantor DPC PDIP Kabupaten Bandung, kemarin (7/4).

Enam bakal calon yang terjaring di tingkat kabupaten tersebut, lanjut Toni, berasal dari berbagai kalangan, seperti politisi, tokoh masyarakat, LSM, dan pengusaha. Setelah melewati penyaringan di tingkat Provinsi, para bakal calon akan disaring kembali di DPP mulai 13 April ini. Meski telah melakukan penjaringan bakal calon kepala daerah, menurut Toni, PDIP Kabupaten Bandung tidak menutup koalisi dengan partai lain. Hal itu tidak terlepas dari peta politik partai berlambang kepala banteng moncong putih tersebut di Kabupaten Bandung.

”Hal itu sudah kami sampaikan ke DPD agar menjadi bahan pertimbangan. Jadi, tidak menutup kemungkinan jika nanti kami berkoalisi, termasuk dengan incumbent dari Partai Golkar,” ujarnya

Soal koalisi tersebut, Toni mengaku sudah melakukan lobi politik dengan partai lain meski tidak secara formal. Sesuai aturan partai, menurut dia, DPC PDIP Kabupaten Bandung menyerahkan sepenuhnya kepada putusan DPP untuk menentukan calon kepala daerah.

Berbeda dengan PDIP, DPD Partai Golkar Kabupaten Bandung telah mengusung Dadang Naser untuk maju sebagai calon Bupati Bandung periode selanjutnya.

Dadang yang kini menjabat Bupati Bandung mendapat dukungan penuh dari 31 pengurus kecamatan melalui Rapat Pimpinan Daerah beberapa waktu lalu. Sementara untuk penjaringan calon Wakil Bupati, Partai Golkar Kabupaten Bandung telah membentuk tim verifikasi. Tim tersebut membuka penjaringan calon wakil Bupati dari internal dan eksternal partai.

”Tim verifikasi nantinya akan menguji popularitas dan elektabilitas calon wakil bupati untuk mendampingi Dadang Naser pada Pilkada 2015 nanti,” kata Cecep Suhendar, Ketua Penjaringan Calon Kepala Daerah Partai Golkar Kabupaten Bandung, pungkasnya. (yul/asp)

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga