RK Minta Bantuan JCI

Untuk Capai Target 100 Ribu Wirausaha

SUMUR BANDUNG – Wali Kota Bandung Ridwan Kamil bertemu perwakilan JCI (Joint Commission International) di BCC (Bandung Command Centre) kemarin (5/4). Pertemuan tersebut membahas agenda Asia Afrika Night yang akan digelar di Jalan Cikapundung Timur, mulai 28 April hingga 1 Mei mendatang.

Dalam pertemuan kemarin (5/4), pria yang akrab disapa Emil ini juga meminta JCI untuk membantu Pemerintah Kota (Pemkot) mencapai target salah satu programnya. Yakni, menciptakan 100.000 wirausaha di Kota Bandung.

Emil memberi JCI waktu dua bulan untuk membuat cetak biru dalam meningkatkan ekonomi mikro di Kota Bandung. Dia juga meminta JCI mampu membuat konsep agar ada pemerataan ekonomi dan meningkatkan gap market dari turis di Kota Bandung. ’’Dari turis setahun Kota Bandung mendapatkan Rp 5 triliun. Namun, pendapatan tersebut tidak dinikmati warga Bandung,’’ ujar Emil.

Dia juga menyinggung keadaan ekonomi di Kota Bandung. Menurut bapak dua anak ini, pendapatan dari para pendatang, baik wisatawan atau warga urban, cukup tinggi. ’’Pendapatan dari pendatang besar lho. Tapi, kan pemilik usahanya biasanya bukan warga Bandung,’’ katanya.

Dia berharap, dengan terciptanya 100 ribu wirausaha dalam empat tahun di Bandung maka akan meningkatkan lapangan pekerjaan bagi masyarakat Bandung. ’’Setiap wirausaha setidaknya mempekerjakan empat pekerja,’’ katanya.

JCI yang merupakan organisasi internasional non-pemerintah. Ke depan, diharapkan kerja sama JCI dan Pemkot Bandung mampu membantu mempromosikan Bandung di kancah internasional. (mg7/tam)

Tinggalkan Balasan