Cara Mudah Kirim Uang Ala Bukopin

Aplikasikan Program Laku Pandai Arahan OJK

BANK Bukopin meluncurkan layanan terbaru yang diberi nama Bukopin Kiriman Uang (BUKU). Produk ini merupakan bagian dari program branchless banking atau program laku pandai yang disyaratkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Layanan terbaru jasa pengiriman uang dengan menggandeng loket payment point online bank (PPOB) yang sudah tersebar di Indonesia.

Direktur Pengembangan Bisnis & Teknologi Informasi Bank Bukopin, Adhi Brahmantya mengatakan layanan BUKU dikembangkan oleh Bank Bukopin untuk memudahkan masyarakat melakukan pengiriman uang tanpa harus memiliki rekening di Bank Bukopin. Hal tersebut sudah sesuai dengan Peraturan OJK Nomor 19/POJK.03/2014 tentang layanan keuangan tanpa kantor. Sehingga melalui layanan ini masyarakat dapat mengirimkan dan mengambil uang yang dikirimkan melalui PPOB Bukopin yang ditunjuk dan tersebar diseluruh Indonesia.

”Nasabah cukup datang keloket PPOB yang berlogo BUKU, mengisi formulir dengan data sesuai KTP, menyetorkan jumlah uang yang akan dikirim, lalu nasabah akan menerima bukti pengiriman dan SMS notifikasi dan token melalui ponselnya,” papar Adhi saat peluncuran BUKU diloket PPOB PT Jasa Artha Sinergi (JAS) yang ada di Bank Sampah Induk Cimahi (Bank Samici), Cimahi, belum lama ini.

Dan Sebaliknya, Adhi melanjutkan paparannya, penerima uang juga akan menerima sms notifikasi dan token yang dilengkapi dengan kode unik untuk mencairkan uang yang diterima diloket PPOB Bukopin yang ditunjuk berlogo BUKU. Simpel, cepat dan Aman.

Layanan BUKU diselenggarakan melalui kerjasama dengan Collecting Agent yang sudah bekerjasama dengan Bukopin, yaitu perusahaan yang membawahi loket-loket PPOB yang sudah lebih dari 3 tahun bekerjasama untuk melayani pembayaran tagihan PLN, PDAM, tiket pesawat, tiket kereta api dan beragam transaksi lainnya.

”PT Jasa Artha Sinergi memiliki titik PPOB 27 ribu yang tersebar diwilayah Bandung Barat yang sebagian besar tidak dapat dijangkau oleh dunia perbankan. Melalui kerjasama dengan Bukopin, JAS mendapatkan pembinaan perbankan dengan melayani nasabah hingga program BUKU diluncurkan. Akan sangat membantu masyarakat mengenal dunia perbankan,”kata Agus Syarif Hidayat, Direktur Utama PT Jasa Artha Sinergi.

Untuk layanan BUKU ini, Bukopin menargetkan 1.000 unit loket pada tahun 2015 secara bertahap, mengingat potensi layanan di PPOB hingga 20 juta pelanggan per bulannya berbagai macam transaksi pembayaran, sehingga masyarakat yang tidak terjangkau oleh perbankan akan tetap melakukan kegiatan transaksi melalui kerjasama PPOB dan Bukopin. (fjr/fik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.